kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun Ini, SMF Bakal Kucurkan Pembiayaan Rp 1 T


Selasa, 23 Juni 2009 / 08:50 WIB
Tahun Ini, SMF Bakal Kucurkan Pembiayaan Rp 1 T


Reporter: Moch. Fathoni Arief |

JAKARTA. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) mengerek tinggi target pembiayaannya. SMF berambisi menyalurkan pembiayaan senilai Rp 1 triliun pada tahun ini.

Direktur SMF Sutomo, Senin (22/6), menuturkan, separuh dari target tahun 2009 telah tercapai di semester pertama. SMF sudah menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) senilai Rp 534 miliar.

Target SMF di tahun ini naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Di tahun 2008, SMF menargetkan pembiayaan senilai Rp 400 miliar, dan realisasinya Rp 530 miliar.

Pembiayaan SMF tahun lalu termasuk pembelian Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK-EBA) yang diterbitkan Bank Tabungan Negara senilai Rp 500 miliar. SMF juga melakukan refinancing KPR milik Bank DKI senilai Rp 30 miliar.

SMF juga memberi pinjaman ke tiga perusahaan pembiayaan yang mendanai KPR senilai Rp 4 miliar. Ketiga multifinance tersebut adalah Finansia Multi Finance, Bhakti Finance, serta Ciptadana Multi Finance. "Penyaluran lewat multifinance masih kecil, karena baru sedikit multifinance yang berbisnis KPR," kata Sutomo.

Saat ini, kebanyakan perusahaan pembiayaan lebih senang mendanai pembelian kendaraan bermotor. Selain peminatnya banyak, harganya tidak terlalu mahal sehingga risikonya kecil. Sedangkan, "Pembiayaan KPR butuh jangka waktu lama," ujar Sutomo.

Meski memasang target pembiayaan yang tinggi, Sutomo menyatakan SMF tak sembarangan memberikan pembiayaan. Dalam pembelian instrumen, misalnya, SMF tetap melihat peringkat.

Sutomo mengaku, SMF tak memiliki masalah dengan pendanaan. Perusahaan itu tengah bersiap menerbitkan obligasi senilai Rp 200 miliar. "Dana ini akan kami salurkan ke mereka yang membiayai KPR. Jadi, ada dana yang mengalir dari pasar keuangan ke sektor riil," ucapnya.

SMF yang berdiri pada Juli 2005, berperan menyalurkan pinjaman perumahan kepada bank maupun lembaga pembiayaan non-bank. Untuk mengembangkan pasar sekunder pembiayaan perumahan, SMF melakukan sekuritisasi kredit perumahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×