kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uang nasabah hilang secara misterius di BRI, ini anjuran yang harus diketahui nasabah


Selasa, 13 Maret 2018 / 09:56 WIB
Uang nasabah hilang secara misterius di BRI, ini anjuran yang harus diketahui nasabah
ILUSTRASI. Sejumlah nasabah mendatangi kantor BRI unit cabang Ngadiluwih


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - KEDIRI. Belasan nasabah di tiga kantor unit Bank BRI Kediri, Jawa Timur, kehilangan uang dalam berbagai jumlah dari rekening tabungan mereka. Mereka diduga menjadi korban kejahatan skimming. 

Kepala Bank BRI Cabang Kediri Dadi Kusnadi, Senin (12/3), meminta masyarakat dan para nasabah tidak panik. Nasabah disarankan melakukan sejumlah langkah di bawah ini untuk memastikan keamanan rekening dari aksi kejahatan.

1. Ganti nomor pin ATM

"Sangat disarankan untuk mengganti segera nomor pin ATM atau melakukan pemblokiran untuk sementara waktu," ujar Dadi.

2. Bijak memberi identitas diri

Jangan mudah memberikan data identitas melalui sambungan telepon, terutama yang mengatasnamakan bank BRI

3. Lapor segera jika ada transaksi mencurigakan

Dadi mengatakan, nasabah yang datang melapor akan dilayani. Semua laporan yang masuk akan didata dan diteliti. Uang nasabah yang hilang itu juga akan diganti oleh bank BRI.

Menurut Dadi, sebenarnya selama ini, pihaknya telah meningkatkan keamanan dengan melakukan sterilisasi atau penertiban mesin ATM di seluruh wilayah tugasnya. Salah satunya untuk mencari kemungkinan adanya skimmer.

"Sejak sebulan lalu kami lakukan penertiban dan tidak kami temukan skimmer," ujarnya. Oleh karena itu, dalam kasus hilangnya uang nasabah di Kediri, mereka menduga skimming atau pencurian data nasabah melalui mesin ATM telah dilakukan jauh-jauh hari.

Sebelumnya diberitakan, para nasabah di tiga kantor unit di Kediri kehilangan uang yang bervariasi antara Rp 500.000 hingga Rp 10 juta. Nasabah tiba-tiba mendapat pemberitahuan transaksi yang tidak dilakukannya melalui pesan singkat ponselnya. Pemeriksaan awal internal bank BRI menunjukkan dugaan hal ini terjadi akibat skimming. Pihak bank juga menemukan dugaan aliran dana ke luar negeri. (Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Uang di Rekening BRI Hilang Misterius, Ini 3 Anjuran untuk Nasabah"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×