kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Usai Lebaran, setoran uang tunai meluber


Jumat, 22 Juni 2018 / 11:31 WIB
Usai Lebaran, setoran uang tunai meluber
ILUSTRASI. Pelayanan nasabah Bank Mandiri


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usai libur panjang Lebaran, lonjakan arus balik juga terjadi pada uang tunai. Momen Ramadan dan Lebaran 2018 yang telah usai ini mendorong peningkatan transaksi setor tunai nasabah ke perbankan.

Maklum, selama libur Lebaran, operasional kantor bank banyak yang tutup. Lonjakan transaksi setor tunai terjadi disejumlah bank besar seperti PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank Mandiri Tbk. Bank sebagai penerima uang tunai akan menempatkan dana ke sistem kliring Bank Indonesia (BI).

Begitu layanan bank dibuka kembali, nasabah BCA getol menyetorkan dana tunai. Misalnya, setoran nasabah dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sebesar Rp 3,17 triliun. "Dana nasabah yang disetorkan ke BI selama 19 Juni-20 Juni mencapai Rp 18 triliun," kata Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, Kamis (21/6),

Bank milik Grup Djarum ini merinci setoran tunai nasabah pada 19 Juni 2018 sebesar Rp 5,8 triliun. Sedangkan, pada 20 Juni lebih besar yakni mencapai Rp 12,25 triliun.

Pada masa operasional terbatas, beberapa kantor cabang BCA dipadati nasabah yang ingin setor tunai. Tingginya arus uang yang disetor BCA ke BI masih akan berlangsung hingga beberapa hari pasca libur Lebaran 2018.

Sedangkan, Bank Mandiri mencatat dana setoran tunai mencapai Rp 3,5 triliun selama pasca libur Lebaran. Darmawan Junaidi, Direktur Treasuri dan Internasional Bank Mandiri mengatakan, dana ini adalah setoran tunai nasabah selama libur panjang.

Bank milik pemerintah ini mencatat beberapa setoran nasabah yang besar dilakukan oleh SPBU Pertamina dan Indomaret. Joseph Georgino Godong, SEVP Chief Technology Officer Bank Mandiri menuturkan, sebagian besar dana setoran tunai dalam bentuk tabungan dan giro.

Lonjakan dana tunai dari bank yang disetor ke BI selama Lebaran adalah lazim. Sebab, siklus sebelum Lebaran banyak orang melakukan penarikan tunai. Setelah itu, nasabah membelanjakan lagi untuk membeli bensin atau membeli barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×