kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi Bank Ina paling cepat tahun depan


Selasa, 02 November 2010 / 18:37 WIB
Akuisisi Bank Ina paling cepat tahun depan
ILUSTRASI. Durian Musang King


Reporter: Andri Indradie | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Rencana akuisisi 80% saham PT Bank Ina Perdana oleh Affin Holdings Bhd (Affin Group) tampaknya paling cepat akan bisa berlangsung tahun depan. Komisaris Bank Ina Denny Susilo mengungkapkan, rencana tersebut mundur lantaran Bank Ina dan Affin Group belum memasukkan surat permohonan akuisisi hingga saat ini.

"Ya kemungkinan baru bisa selesai 2011," tegas Denny kepada KONTAN, Selasa (02/11).

Sebelumnya, Affin Group menargetkan, akuisisi bisa terlaksana pada akhir kuartal II tahun ini. Affin optimistis, sebab sudah mengajukan izin akuisisi kepada Bank Negara Malaysia (Bank Sentral Malaysia). Jadi, tinggal menunggu izin dari bank sentral Indonesia.

Denny bercerita, sebelum memasukkan surat permohonan akuisisi, kedua pihak akan bertemu lebih dahulu dengan pejabat Bank Indonesia (BI). "Kami mau 'sowan' dahulu ke BI," imbuh Denny.

Sebenarnya, kata Denny, tanggal 28 Oktober yang lalu, mereka berencana bertemu dengan Deputi Gubernur BI Muliaman D. Hadad. Namun, pertemuan batal lantaran Muliaman berhalangan. "Saat ini kami masih mencari waktu yang pas," tandas Denny.

Sekedar catatan, untuk mengakuisisi 80% saham Bank Ina, Affin Group telah menyiapkan dana RM 138 juta. Penjualan Bank Ina berkaitan dengan rencana peningkatan status bank tersebut menjadi bank devisa di 2011. Untuk mencapai target tersebut, Bank Ina membutuhkan tambahan modal hingga memenuhi syarat, yakni Rp 150 miliar. Akhir tahun lalu, modal disetor Ina Rp 128 miliar.

Saat ini, pemilik mayoritas Bank Ina adalah PT Kharisma Prima Karya sebanyak 124,9 juta saham (97,6%). Selain itu, ada PT Media Interaksi Utama yang menggenggam 2,1 juta saham (1,6%) dan Baktinendra Prawiro yang memiliki 1 juta saham (0,8%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×