kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ammana Fintek Syariah salurkan pembiayaan Rp 3 miliar hingga April


Senin, 28 Mei 2018 / 17:32 WIB
Ammana Fintek Syariah salurkan pembiayaan Rp 3 miliar hingga April
ILUSTRASI. Ammana Fintek hadirkan solusi wakaf digital


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ammana Fintek Syariah, perusahaan teknologi finansial (Fintech) penyedia platform investasi peer to peer lending syariah telah menyalurkan pembiayaan syariah sebesar Rp 3 miliar hingga April 2018.

Chief Executive Officer Ammana Fintek Syariah Lutfi Adhiansyah mengatakan, pembiayaan Rp 3 milliar itu disalurkan kepada 360 nasabah yang berasal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Indonesia.

“Kami sudah menyalurkan sekitar Rp 3 miliar sampai akhir April 2018. Itu dari nasabah UMKM yang rata-rata meminjam sekitar Rp 3 juta,” kata Lutfi kepada Kontan.co.id, Juat (28/5).

Ammana Fintek Syariah menargetkan pembiayaan Rp 100 miliar sampai akhir tahun 2018. Lutfi yakin bisa memenuhi target tersebut, karena Ammana menyasar nasabah yang belum dijangkau perbankan, yaitu nasabah yang berada di daerah terpencil, nilai pinjamannya di bawah Rp 10 juta dan belum mendapat akses teknologi.

“Kami mau menjawab tantangan Otoritas Jasa Keuangan untuk meningkatkan inklusi keuangan di daerah-daerah terpelosok, yang tidak dijangkau perbankan. Saya bilangnya, nasabah kami adalah orang-orang terpinggirkan,” ungkap Lutfi.

Untuk sekarang, Ammana Fintek Syariah mendapatkan pendanaan dari 600 investor. Sementara penyalurannya dibantu oleh koperasi-koperasi syariah yang berada di kota-kota di Indonesia, dari Jawa, Sumatra dan sedang diperluas hingga Kalimantan serta Sulawesi.

Sekitar 87% peminjam adalah kaum perempuan yang mempunyai usaha tambahan. Mereka adalah ibu-ibu rumah tangga, yang membantu suaminya dalam memenuhi kebutuhan keluarga.

“Sebagian besar adalah wanita, mereka ingin mengimbangi keuangan suaminya. Mereka bekerja, suka ikut arisan dan kumpul-kumpul bersama temannya,” kata dia.

Nilai pinjaman yang disalurkan di bawah Rp 5 juta, bisa diangsur antara enam bulan hingga satu tahun. Sedangkan pinjaman di atas Rp 25 juta, mesti diangsur antara satu tahun-tiga tahun. Mekanisme pembayarannya, ada yang dibayar tiap bulan, ada pula yang dibayar beberapa bulan kemudian langsung dibayar lunas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×