kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ASBI manfaatkan teknologi digital untuk menggalang donasi bagi warga terdampak corona


Jumat, 10 April 2020 / 21:17 WIB
ASBI manfaatkan teknologi digital untuk menggalang donasi bagi warga terdampak corona
ILUSTRASI. ASBI manfaatkan teknologi digital untuk menggalang donasi bagi terdampak corona.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bencana Covid-19 yang terjadi saat ini tidak saja menjadi ancaman bagi keselamatan dan kesehatan masyarakat banyak, akan tetapi telah mengganggu tatanan perekonomian dan aktivitas usaha. Banyak sekali kalangan masyarakat bergantung pada berbagai industri yang saat ini terdampak corona.

Direktur Utama PT Asuransi Bintang Tbk (ASBI) HSM Widodo bilang dengan tingkat mortality rate 5,5% di dunia, tidak memberikan banyak pilihan kecuali dengan tindakan yang telah diterapkan pada saat ini.

Baca Juga: Ingin masuk 15 besar pemain asuransi jiwa pada 2021, ini strategi Avrist Assurance

Namun, jumlah warga yang saat ini terdampak disebutnya jauh lebih besar dari pada yang terinfeksi COVID-19, sehingga bila masyarakat tak berinisiatif untuk membuat gerakan, maka akan dapat dipastikan korbannya akan lebih banyak dari pada yang meninggal karena COVID-19.

Berangkat dari kesadaran tersebut, dia bilang Asuransi Bintang pun tergerak untuk melakukan aksi nyata melalui program ASBI untuk ibu Pertiwi. Program distribusi donasi melalui teknologi ini akan menyalurkan bahan makanan atau bantuan melalui pegawai sukarelawan pada 28 cabang perseroan di seluruh Indonesia

Melalui distribusi terkendali dan terdokumentasi juga diharapkan akan dapat menggerakkan perekonomian komunitas dari transaksi pembelian pada warung atau toko di komunitas tersebut. 

"Untuk pelaksanaan good corporate governance yang baik, kami juga telah mengembangkan lebih lanjut sistem mobile survey milik kami sebagai aplikasi penyaluran bantuan dengan sistem dokumentasi aktifitas berdasarkan geo-location terintegrasi," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat (10/4).

Melalui sistem terintegrasi ini, setiap alokasi penyaluran dari berbagai donasi akan dicatat dan dokumentasikan melalui gambar untuk kemudian ditutup dengan proses settlement terhadap alokasi tersebut.

Baca Juga: Bibit.id sediakan asuransi Covid-19 bagi nasabah

Seluruh hasil donasi yang masuk dan disalurkan akan dipublikasikan bersama foto dokumentasi dari aktifitas penyalurannya pada website Asuransi Bintang sehingga transparansi dari keseluruhan proses akan dapat dipastikan berjalan. 

Pemberian donasi oleh masyarakat sendiri dilakukan dengan menggunakan QR code yang bisa dipakai untuk sejumlah penyedia pembayaran digital macam GoPay, LinkAJa, OVO, Dana, dan lainnya.

Seluruh laporan kegiatan penyaluran donasi diunggah langsung oleh sukarelawan di lapangan dan secara otomatis akan ditampilkan pada http://donation.asuransibintang.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×