kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,53   1,89   0.20%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank ikut menakar imbas penurunan harga minyak


Senin, 09 Maret 2020 / 19:21 WIB
Bank ikut menakar imbas penurunan harga minyak
ILUSTRASI. Suasana Pelayanan nasabah di Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Jalan Jenderal Sudiman, Jakarta Pusat, Jumat (29/10). Para bankir tanah air mengaku tak risau dengan harga minyak yang anjlok hingga 30% hari ini, Senin (9/3). KONTAN/Baihaki/29/10/201


Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para bankir tanah air mengaku tak risau dengan harga minyak yang anjlok hingga 30% hari ini, Senin (9/3). Sebaliknya, mereka mereka bilang terdapat sejumlah peluang yang dimanfaatkan dalam kondisi ini.

Hal tersebut karena industri perbankan tanah air sejatinya memang mulai mengurangi eksposurnya ke segmen Migas, maupun pertambangan. Dua segmen industri yang sensitif terhadap harga minyak.

Baca Juga: Jiwasraya bermasalah, Kementerian BUMN diminta DPR bentuk perusahaan asuransi baru

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Sunarso bahkan menyatakan dalam jangka pendek merosotnya harga minyak bakal bermanfaat bagi perseroan, karena debitur utama BRI di segmen UMKM bakal menikmati hal ini.

“Analisis saya, UMKM sebenarnya akan diuntungkan dengan penurunan harga minyak dalam jangka pendek. Termasuk untuk kami yang punya segmen utama di sana. Buat BRI harga minyak turun tak terlalu banyak imbasnya, harga minyak turun, justru kami banyak diuntungkan” katanya di Menara Kompas, Jakarta Senin (9/3).

Dari presentasi korporasi perseroan, sepanjang tahun lalu segmen Migas dan pertambangan sejatinya terhitung mini, senilai Rp 16,83 triliun atau setara 17,2% dari total kredit korporasi perseroan senilai Rp 191,1 triliun.

Tahun ini, segmen korporasi pun tak akan dipacu tinggi. Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo bilang kredit korporasi tahun ini cuma ditargetkan tumbuh 5%. ini dilakukan menjaga target pertumbuhan kredit perseroan sepanjang 2020 di kisaran 10%-11%.

Baca Juga: BRI: Harga minyak turun, debitur kami untung

“Tahun ini target kredit kami tetap 10%, karena portofolio kami di mikro sebenarnya tahun lalu tumbuh 15%, sementara korporasi akan kami salurkan lebih selektif dengan target 5%. Kalau dirata-rata masih bisa mencapai 10%,” ujarnya dalam kesempatan serupa.

Sayangnya, rasio kredit macet perseroan diakui Haru memang tercatat meningkat di awal tahun ini menjadi 2,82%. Akhir tahun lalu rasionya mencapai 2,62%.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×