kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri naikkan bunga kredit 100 bps tahun depan, bagaimana dengan bank lain?


Selasa, 27 November 2018 / 13:36 WIB
Bank Mandiri naikkan bunga kredit 100 bps tahun depan, bagaimana dengan bank lain?


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa bank besar akan menaikkan bunga kredit pada tahun depan. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengatakan akan menaikkan suku bunga kredit dalam rupiah dan valas pada tahun depan.

Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri bilang pada tahun depan pihaknya akan menaikkan bunga kredit konsumer sebesar 50 basis point (bps)-100bps.

“Kami baru akan menaikkan suku bunga kredit pada Januari 2019,” kata Tiko ketika ditemui sebelum acara pertemuan tahunan BI, Selasa (27/11). Kenaikan bunga kredit pada tahun depan ini adalah konsumer sebesar 50bps-100bps. Selain itu Bank Mandiri juga akan menaikkan bunga kredit valas terutama korporasi.

Frenky Tirtowijoyo Direktur Utama Bank Sinarmas mengatakan memang kenaikan bunga kredit diperkirakan akan terjadi pada tahun depan. “Pada tahun ini bunga kredit masih tetap,” kata Selasa (27/11).

Bunga kredit pada tahun ini masih tetap karena bank masih bisa mengelola biaya dana. Kenaikan bunga kredit pada tahun depan ini juga melihat pertumbuhan kredit pada akhir tahun.

Maryono, Direktur Utama BTN memproyeksi, kenaikan bunga kredit bank BUMN kemungkinan baru akan ditransmisikan pada tahun depan. “Kenaikan bunga kredit tergantung pasar, untuk mengantisipasi kenaikan bunga ini bank akan melakukan efisiensi dan meningkatkan fee based agar net interest margin (NIM) bisa terjaga,” kata Maryono.

Pada tahun ini, Himbara tidak tergesa-gesa dalam menaikkan bunga kredit. Hal ini karena bank masih memperhatikan kualitas kredit dan biaya dana seta kondisi pasar yang ada.

Sedikit berbeda, Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK memproyeksi ke depan bunga kredit masih akan rendah. “Jadi lihat saja nanti,” kata Wimboh ketika ditemui di tempat yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×