kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Muamalat jadi agen escrow tekfin Ammana


Senin, 15 April 2019 / 17:54 WIB
Bank Muamalat jadi agen escrow tekfin Ammana


Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerjasama  dengan PT Ammana Fintek Syariah (Ammana), sebuah perusahaan teknologi finansial (Tekfin) Syariah yang bergerak di bidang investasi peer-to-peer (P2P) lending. Bank Muamalat akan bertindak sebagai Agen rekening penampungan (escrow) bagi Ammana.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Jasa Layanan Escrow antara Bank Muamalat dengan Ammana Fintek Syariah dilaksanakan pada hari Senin (15/4) di Muamalat Tower, Jakarta. Bank Muamalat diwakili oleh Achmad K. Permana selaku Chief Executive Officer (CEO), sedangkan Ammana Fintek Syariah diwakili oleh Lutfi Adhiansyah selaku CEO & Founder.

Permana mengatakan, kehadiran perusahaan tekfin berbasis yariah merupakan solusi bagi masyarakat yang ingin berinvestasi namun tetap sesuai dengan prinsip syariah yakni tanpa riba. 

Potensinya cukup besar mengingat tingkat penetrasi keuangan syariah di Indonesia masih cukup rendah, di sisi lain Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

“Kolaborasi Bank Muamalat dan Amanna merupakan sebuah terobosan yang positif. Ini menunjukkan bahwa industri perbankan dan tekfin syariah dapat tumbuh bersama-sama di era digital. Kami berharap melalui kerjasama ini membuat inklusi keuangan syariah dapat lebih luas lagi,” katanya.

Ia juga menjelaskan kekuatan Bank Muamalat ada di islamic segmen. Hali ini terbukti Bank Muamalat berfokus di segmen syariah sebagai contoh haji dalam satu tahun 120.000 pendaftar ada Rp 2,5 triliun uang masuk pada tahun 2018. Market share haji plus Bank Muamalat sebesar 51%.

Sebagai informasi, P2P lending adalah layanan pembiayaan suatu proyek secara digital dengan menggunakan sebuah platform internet untuk menghubungkan antara pemberi biaya (lender) dan penerima pembiayaan (borrower).

Dalam kerjasama ini seluruh hasil pembayaran dari lender atas borrower akan dikelola melalui rangkaian layanan cash management di Bank Muamalat. Antara lain dengan menggunakan virtual account, cash management system dan menjadi agen rekening penampungan (escrow) yang memastikan dana yang dihimpun dan dikelola akan dialokasikan sesuai dengan tujuan utama.

Lutfi Adhianysah, CEO & Founder Ammana Fintek Syariah mengatakan, dengan kemitraan ini implementasi program Bank Muamalat yang berkaitan dengan aspek pemanfaatan solusi teknologi dan pembiayaan dapat dioptimalkan untuk memperkuat layanan Ammana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×