kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,64   -7,73   -0.78%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BJB dan CIMB ingin mencicipi bisnis pensiunan


Selasa, 31 Januari 2017 / 18:11 WIB
BJB dan CIMB ingin mencicipi bisnis pensiunan


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Sejumlah bank juga ingin menikmati kue bisnis kredit pensiunan, selain pendahulunya Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) dan Bank Mantap. Sebut saja, PT Bank Jabar Banten (BJB) dan PT Bank CIMB Niaga yang akan meningkatkan penyaluran kredit pensiunan pada tahun ini.

Hakim Putratama, Senior Vice President Corporate Secretary Divison BJB mengatakan, pasar kredit pensiunan masih bagus pada tahun ini sehingga perusahaan membidik pertumbuhan dua digit untuk kredit pensiunan. “Untuk kredit pensiunan akan tumbuh 14%-15% di tahun ini,” kata Hakim, Selasa (31/1).

Strategi perusahaan untuk mencapai target kredit pensiunan adalah fokus pada captive market perusahaan, yaitu pegawai negeri di Jawa Barat. Namun, agar nasabah semakin bertambah perusahaan juga membidik nasabah di luar pegawai negeri yang berada di luar Jawa Barat dan Banten.

Sementara, Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga Tbk, Lani Darmawan mengatakan, pihaknya akan meluncurkan kembali (relaunching) kredit untuk pensiunan di tahun ini. Perusahaan menilai pasar kredit pensiunan masih ada sehingga dapat terbagi-bagi oleh bank lain di luar bank yang sejak awal menjajaki bisnis kredit pensiunan.

“Kami akan kontribusi kredit dari pasar pensiunan,” kata Lani. Bank milik investor Malaysia ini memiliki kedekatan dalam bisnis pensiunan, karena perusahaan telah bekerjasama dengan PT ASABRI untuk pembayaran pensiunan prajurit TNI, anggota Polri, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenham/ Polri.

Sayangnya, ia enggan menyampaikan target kredit untuk pensiunan di tahun Ayam Api ini. Kredit pensiunan ini masuk kategori kredit konsumer yang akan menjadi andalan perusahaan, karena konsumer akan berkontribusi hingga 60% terhadap kredit CIMB Niaga pada 2017 ini. “Setidaknya, kredit konsumer CIMB Niaga akan tumbuh 10% di tahun 2017,” ucap Lani.

Kredit pensiunan terbilang menggiurkan bagi sebagian bank. Misalnya, Bank Mandiri Taspen Pos atau Bank Mantap tetap fokus pada bisnis pensiunan di tahun ini, karena perusahaan menilai cakupan segmen bisnis pensiunan masih luas. Bank Mantap pun akan menambah 60 kantor cabang untuk menjaring nasabah pensiunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×