kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNI memperkuat pembiayaan dolar di New York


Minggu, 02 Agustus 2020 / 16:40 WIB
BNI memperkuat pembiayaan dolar di New York
ILUSTRASI. Petugas Kantor BNI Cabang New York, Amerika Serikat, melakukan aktivitas Tresuri sebagai salah satu layanan perbankan, Jumat (7/6/2019). CBNI New York menawarkan pelayanan transaksi bank koresponden ke bank-bank komersial yang ada di Indonesia.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai jembatan antara Indonesia dan dunia, BNI Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) New York punya peran penting sebagai sumber funding dalam mata uang dolar Amerika Serikat. Kantor perwakilan yang telah berdiri sejak tahun 1978 ini juga punya peran sebagai investor relations, mewakili BNI pusat di pasar global.

Aidil Azhar, Pemimpin BNI Cabang New York menuturkan, salah satu kelebihan dari BNI New York adalah telah menjadi member dari Fedwire sejak tahun 2018. Fedwire merupakan fasilitas kliring lokal pada bank sentral Amerika Serikat (AS) yakni The Federal Reserve. Sebagai anggota Fedwire, BNI New York dapat memproses transaksi payment secara langsung tanpa perlu ke bank koresponden. Transaksi payment tersebut berupa commercial payment, baik dalam bentuk remittance, trade finance, maupun bank to bank payment terkait dengan pelayanan tresuri.

BNI New York ini salah satu bank Indonesia pertama yang menjadi member Fedwire. Jadi dengan menjadi member ini, BNI New York dapat menawarkan pelayanan transaksi bank koresponden ke bank-bank komersial yang ada di Indonesia. “Bank-bank buku dua maupun buku tiga di Indonesia yang sudah berstatus devisa dapat kami layani untuk transaksi US dollar-nya. Biasanya mereka membuka rekening di BNI New York dalam bentuk dolar AS,” ujar Aidil dalam siaran pers, Minggu (2/7).

Baca Juga: Pendapatan non bunga BNI turun hingga Mei 2020, ini penyebabnya

Kelebihan lain setelah tercatat menjadi anggota Fedwire adalah BNI KCLN New York dapat membantu bank-bank tersebut dalam melakukan transaksi transfer. Jika bank asal Indonesia melakukan pengiriman uang dalam mata uang dolar AS ke salah satu bank di AS atau di luar AS, maka mereka akan menyalurkan melalui BNI New York.

Selain melayani transaksi dolar AS bank-bank devisa asal Indonesia, BNI KCLN New York juga membantu sebagai penasihat di bidang perbankan internasional. Misalnya, memberikan advisory jika ada pertanyaan atau apapun yang terkait dengan transaksi internasional atau berhubungan dengan transaksi pada mata uang dolar.

BNI KCLN New York sebagai perwakilan BNI di luar negeri juga mempunyai misi menjadi sumber pendanaan (funding) dolar AS dengan harga yang kompetitif. “Kami di New York ini diharapkan bisa memberikan bantuan kepada pebisnis lokal yang akan melakukan transaksi dengan Indonesia, maupun pebisnis Indonesia yang ingin go internasional atau memasarkan produknya di pasar internasional,” imbuh Aidil.

Baca Juga: Kredit Masih Seret, Bank Kembali Minta Program Restrukturisasi

Selain itu yang tak kalah penting, BNI KCLN New York adalah sebagai tempat training ground untuk para pegawai-pegawai profesional BNI. Misi lain BNI KCLN New York juga menjadi investor relations yang mewakili BNI di pasar global.

Terkait dengan fungsinya sebagai sumber pendanaan berdenominasi USD, BNI KCLN New York sejak tahun 2020 ini menciptakan inisiatif baru yakni dengan meluncurkan program certificate of deposit (CD). Menurut Aidil, program CD (global CD) ini maksimum sebesar US$ 1 miliar dan berlaku selama dua tahun. "Sampai dengan Juli 2020 ini, BNI KCLN New York sudah menerbitkan CD sebanyak US$ 400 juta," imbuh Aidil.

Aidil menambahkan, CD ini  diterbitkan berdasarkan kebutuhan. “Tenornya bisa 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, sampai dengan satu tahun,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×