kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BTN sesuaikan bunga kredit KPR per Agustus 2018, ini rinciannya


Selasa, 07 Agustus 2018 / 19:49 WIB
BTN sesuaikan bunga kredit KPR per Agustus 2018, ini rinciannya
ILUSTRASI. Bank BTN


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Agung Jatmiko

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasca suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) naik, sejumlah bank telah berniat untuk menaikkan suku bunga kredit. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi tingkat bunga kredit dengan kenaikan bunga dana yang sebelumnya naik.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) misalnya yang memutuskan per Agustus 2018 ini menaikkan tingkat suku bunga kredit, terutama untuk segmen kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen (KPA). Direktur Keuangan BTN Iman Nugroho Soeko menjelaskan, untuk seluruh suku bunga outstanding KPR/KPA yang berbunga floating dan suku bunga yang berjenjang disesuaikan, efektif per 1 Agustus 2018 ini.

Antara lain, bunga KPR di bawah 10,5% naik menjadi 11%, bunga di atas 10,5% sampai 12% seluruhnya naik menjadi 12,5%. Sementara untuk bunga 12% sampai dengan 13% ditetapkan menjadi setara 13%.

Sementara untuk tingkat suku bunga KPR/KPA di atas 13% diputuskan tetap alias tidak berubah. Dalam keterangannya, Iman mengatakan penyesuaian suku bunga kredit outstanding KPR/KPA ini tidak berlaku bagi kredit berbunga tetap dan realisasi baru (fixed 1,2,3 dan/atau 5 tahun pertama sejak akad kredit. Serta untuk KPR/KPA yang belum habis masa fixed-nya, dan kredit yang sedang dalam masa restrukturisasi.

Penyesuaian suku bunga kredit outstanding KPR/KPA ini juga berlaku untuk seluruh kredit yang sedang memasuku bunga berjenjang (suku bunga setelah habis masa fixed/suku bunga promo dari akad realisasi kredit baru).

"Kenaikan bunga kredit per segmen bervariasi, ada yang tidak naik. Ada yang naik 25 basis poin (bps) atau 50 bps," katanya kepada Kontan.co.id, Selasa (7/8).

Menurut Iman, ke depan ruang untuk penyesuaian bunga kredit baik turun atau naik masih terbuka. Namun, seluruhnya tergantung pergerakan suku bunga di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×