kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bunga kredit mobil dan motor di multifinance berpeluang makin mahal


Rabu, 21 November 2018 / 07:49 WIB
Bunga kredit mobil dan motor di multifinance berpeluang makin mahal
ILUSTRASI. Lembaga pembiayaan kendaraan


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan bunga acuan Bank Indonesia (BI) masih akan melecut beban pencarian dana yang dilakukan multifinance. Karena itu, peluang multifinance menyesuaikan beban biaya pada bunga kredit pembelian mobil atau motor terus terbuka. 

BI pada bulan ini menaikkan bunga acuan 7-days reverse repo rate sebesar 25 basis poin menjadi 6%. BI tahun ini sudah menaikkan bunga enam kali dari level 4,25% sejak April lalu, dengan tujuan menjaga stabilitas rupiah dan menjaga aset keuangan Tanah Air tetap menarik. 

Direktur PT Mandiri Tunas Finance (MTF) Harjanto Tjitohardjojo menyebut, di paruh kedua tahun ini, sejumlah perbankan sudah menyesuaikan bunga pinjaman yang diberikan kepada multifinance secara bertahap.

Mengimbangi hal tersebut, ia menyebut, MTF pun sudah melakukan penyesuaian dengan mengerek bunga pembiayaan. Nah dengan kenaikan suku bunga terbaru, bukan tak mungkin MTF akan kembali menaikan bunga kredit di akhir tahun ini.

Sejak BI menaikan suku bunga di tahun ini, Harjanto bilang, MTF sudah menaikan bunga kredit sebesar 75 bps. Ke depan, terbuka peluang untuk kenaikan bunga pembiayaan di kisaran 25 bps sampai 50 bps. "Jadi di akhir tahun kenaikannya bisa di kisaran 100 bps atau 1%," kata Harjanto baru-baru ini.

Potensi untuk kembali mengerek bunga pembiayaan pun disiapkan PT BFI Finance Indonesia. Direktur BFI Finance Sudjono menyebut, pihaknya memang menyesuaikan tiap kenaikan cost of fund yang terjadi di pasaran. Di tahun ini, BFI melakukan penysuaian bunga pembiayaan secara bertahap kepada nasabah dengan mengikuti tren kenaikan bunga pinjaman dari bank.

Sejalan dengan kenaikan beban pendanaan yang ditanggung, BFI Finance sudah mengerek bunga pembiayaan antara 50 bps sampai 100 bps sampai kuartal III 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×