kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di tengah pandemi corona, Astra Life maksimalkan layanan digital


Selasa, 12 Mei 2020 / 09:23 WIB
Di tengah pandemi corona, Astra Life maksimalkan layanan digital
ILUSTRASI. Untuk jalur distribusi berbasis tatap muka, Astra Life memiliki alat penjualan digital serta memanfaatkan teknogi untuk pertemuan secara online. Calon nasabah nantinya dapat memperoleh penjelasan mengenai manfaat produk melalui sambungan telepon yang dire


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Astra Life memaksimalkan layanan dan pemasaran secara digital di tengah pandemi corona (Covid-19). Adanya pemberlakuan physical distancing (pembatasan kontak fisik) dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah mempengaruhi gaya konsumen untuk belanja produk asuransi.

Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi memperkirakan, tren konsumen berbelanja secara online akan bertahan sampai masa pandemi berakhir karena mereka semakin cepat beradaptasi dengan inovasi yang ada.

Baca Juga: Astra International (ASII) telah menyalurkan bantuan corona Rp 131 miliar

“Kami telah menerapkan prinsip agile untuk memacu inovasi dan mengoptimalkan digitalisasi yang sudah menjadi fondasi strategis perusahaan sejak awal berdiri. Pelayanan dan pemasaran produk dilakukan secara online,” kata Windawati dalam keterangan pers, Selasa (12/5).

Bertemu dengan calon nasabah secara tatap muka sebelum periode pandemi corona merupakan aktivitas yang lumrah dalam proses penjualan asuransi. Namun dengan adanya keharusan untuk melakukan physical distancing pada periode saat ini tentunya sangat mempengaruhi aktivitas pemasaran produk asuransi.

Untuk jalur distribusi berbasis tatap muka, Astra Life memiliki alat penjualan digital serta memanfaatkan teknologi untuk pertemuan secara online. Nantinya calon nasabah dapat memperoleh penjelasan mengenai manfaat produk melalui sambungan telepon yang direkam dan untuk selanjutnya nasabah akan diarahkan untuk melengkapi pengisian data pribadi yang dibutuhkan, persetujuan pembelian produk asuransi, foto kartu identitas serta melakukan pembayaran secara online.

Astra Life juga melakukan pemasaran secara online melalui laman ilovelife.co.id, e-commerce milik Astra Life yang cukup dikenal masyarakat dengan produk unggulan Flexi Life. Calon nasabah tetap dapat melakukan pembelian produk layaknya belanja online dengan batasan uang pertanggungan hingga Rp 5 milyar melalui produk asuransi jiwa dan penyakit kritis. Calon nasabah dapat dengan fleksibel mengatur sendiri besar perlindungan, frekuensi dan metode pembayaran, cek harga premi dan dapat dibeli tanpa cek medis.

Astra Life juga memberikan pilihan untuk pembelian asuransi melalui aplikasi milik mitra bank, yaitu PermataBank. Produk asuransi Astra Life dapat dibeli di super app PermataMobileX meskipun #DiRumahAja. Terdapat empat produk yang tersedia untuk dibeli secara online pada PermataMobileX.

Baca Juga: Aviva hengkang, bisnis Astra Life tetap berjalan seperti biasa

“Selaras dengan visi kami untuk hadir di setiap rumah orang Indonesia, Astra Life in every home, Astra Life terus memperkuat infrastruktur, produk dan jalur distribusi berbasis digital dengan membawa pengalaman berasuransi Digital end to end. Digital end to end yang dibangun oleh Astra Life meliputi product suitability, e-Quotation, e-Submission, e-Payment, e-Policy, dan e-Claim, yang tersedia baik di kanal distribusi digital milik Astra Life,” tambahnya.

Meskipun penjualan dilakukan tidak dengan tatap muka langsung dengan tenaga pemasar, tetapi kualitas para tenaga pemasar Astra Life tetap terus ditingkatkan. Sejumlah pelatihan secara online tetap dijalankan oleh Astra Life Academy yang merupakan pusat pelatihan khusus untuk para tenaga pemasar Astra Life.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×