kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong kinerja pembiayaan, FIF Group terbitkan obligasi Rp 1,5 triliun


Senin, 13 Mei 2019 / 20:39 WIB
Dorong kinerja pembiayaan, FIF Group terbitkan obligasi Rp 1,5 triliun


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Federal International Finance (FIF Group), anak Perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan, menerbitkan obligasi senilai Rp 1,5 triliun.

Direktur Keuangan FIF Hugeng Gozali menyatakan surat utang ini ditawarkan untuk pasar investor institusi dan ritel. Bagi pasar ritel, denominasi yang ditawarkan mulai Rp 1 juta dan kelipatannya.

Perusahaan juga membidik pasar ritel lantaran ada peningkatan yang signifikan, yaitu 85% terhadap jumlah investor retail yang berinvestasi di Obligasi FIF saat ini dibandingkan pada penerbitan penerbitan sebelumnya. .

Surat utang ini merupakan Penawaran Umum Berkelanjutan Obligasi Berkelanjutan IV (PUB IV) Federal International Finance dengan Tingkat Bunga Tetap Tahap I Tahun 2019, yang telah mendapatkan rating idAAA dari lembaga Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).

"Tujuan penerbitan obligasi ini adalah untuk menunjang pembiayaan sepeda motor Honda. Penerbitan obligasi ini merupakan salah satu instrumen pendanaan yang kami pilih karena ditunjang oleh situasi dan kondisi pasar obligasi yang masih kondusif," kata Hugeng di Jakarta pada Senin (13/5).

Hugeng menegaskan bahwa penawaran umum ini merupakan salah satu pilihan investasi terbaik dan aman bagi para investor, baik investor individu maupun investor institusi.

Penjualan sepeda motor Honda secara konsisten memperlihatkan kecenderungan positif di Indonesia. Sebagian besar dari penjualan sepeda motor Honda ini dilakukan melalui kredit, di mana tahun lalu sudah mencapai 66% dari total penjualan.

Obligasi yang akan diterbitkan oleh FIF terdiri dari dua seri, yakni Seri A dengan tenor 370 hari, dan Seri B dengan tenor 36 bulan. FIF menawarkan tingkat bunga sebesar 7,25% hingga 8% untuk Seri A, dan 8% hingga 9% untuk Seri B.

Masa penawaran awal dilaksanakan mulai dari tanggal 13 sampai 27 Mei 2019. Rencananya pencatatan Obligasi ini akan direncanakan pada tanggal 26 Juni 2019 di Bursa Efek lndonesia.

Penjamin pelaksana emisi obligasi adalah PT BCA Sekuritas, PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT lndo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, PT CGS-CllVlB Sekuritas Indonesia dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk.

FIF telah melakukan penawaran umum obligasi sejak tahun 2002, dengan total nilai obligasi yang telah diterbitkan mencapai Rp 42 triliun dan yang telah jatuh tempo dan dilunasi sebesar Rp 33 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×