kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong penyaluran kredit UMKM, Bank Bukopin gandeng Carklik


Selasa, 21 Mei 2019 / 15:57 WIB
Dorong penyaluran kredit UMKM, Bank Bukopin gandeng Carklik


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Bukopin Tbk menggandeng PT Berkah Samitra Mulya, pengelola aplikasi jual beli otomotif Carklik untuk mendongkrak pembayaran pembiayaan kendaraan bermotor (KKB). Lewat kerjasama ini, Bukopin nantinya akan menjadi mitra pembiayaan mobil bekas yang telah menjadi mitra Carklik. 

Direktur UMKM Bank Bukopin Heri Purwanto mengatakan kerjasama tersebut akan berlangsung selama dua tahun. “Kerja sama pembiayaan ini rencananya akan dilakukan untuk membiayai 590 showroom yang terdapat di Jabodetabek dan sekitar 8.000 showroom lainnya yang berada di luar Jabodetabek,” ujar Heri di Jakarta, Selasa (21/5).

Carklik merupakan platform berbasis aplikasi telepon pintar yang menawarkan jasa lelang kendaraan dan jual beli kendaraan dan telah menjalin kerjasama dengan 40 mitra showroom mobil yang berlokasi di Jakarta Selatan. 

Ke depan, jumlah mitra tersebut diharapkan akan terus bertambah. Heri optimis melalui kerja sama pembiayaan showroom tersebut, pada tahap awal dapat mendorong peningkatan kredit UMKM sebesar Rp 50 miliar. 

Adapun, fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada masing-masing showroom maksimal sebesar Rp 2,5 miliar dengan bunga kompetitif, persyaratan yang lebih mudah dan tambahan garansi untuk kendaraan yang dijual oleh mitra showroom maksimal sebesar Rp 30 juta selama satu tahun.

Kerjasama yang telah dilakukan antara Carkliik dan mitra showroom meliputi penambahan stok kendaraan, pemasaran/iklan kendaraan melalui aplikasi Carkliik, pemberian garansi kendaraan (spare part) kepada end user untuk unit kendaraan yang dibeli dari mitra Carkliik. Perjanjian Kerja Sama ini juga melibatkan Bukopin Finance sebagai anak perusahaan Bank Bukopin.

Lewat kerja sama tersebut Bukopin Finance berperan menyalurkan Kredit Kepemilikan Kendaraan Bermotor kepada end user melalui kerjasama kepada masing-masing showroom mitra Carkliik. 

"Bank Bukopin terus memacu pertumbuhan bisnis ritel, termasuk melalui segmen konsumer. Untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan kendaraan bermotor, sejak tahun lalu Bank Bukopin telah gencar melakukan sinergi dengan Bukopin Finance," terang Heri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×