kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

EV Growth menutup penggalangan dana fund pertama senilai US$ 200 juta


Jumat, 31 Mei 2019 / 14:27 WIB
EV Growth menutup penggalangan dana fund pertama senilai US$ 200 juta


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. EV Growth menutup penggalangan dana untuk dana investasi pertama senilai US$ 200 juta atau sekitar Rp2,9 triliun. Nilai ini melebihi target awal mereka yang hanya US$ 150 juta atau sekitar R p2,1 triliun.

Dana investasi yang ramai peminat ini didukung oleh mitra-mitra kuat, termasuk SoftBank Group Corp., Pavilion CapitaI, Indies Capital dan investor regional lainnya.

Diluncurkan pada bulan Maret tahun lalu, EV Growth merupakan perusahaan patungan antara East Ventures, SMDV, dan YJ Capital Inc. Berfokus menyediakan dana untuk para startup tahap pertumbuhan (growth stage) di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya, untuk semua industri.

Perusahaan ini dipimpin oleh Willson Cuaca dari East Ventures, Roderick Purwana dari SMDV, dan Shinichiro Hori dari Yahoo! Japan Capital Inc dan Batara Eto sebagai Advisor.

EV Growth telah memiliki beberapa portofolio yang mencakup berbagai sektor, termasuk startup teknologi produk kecantikan (beauty tech) terdepan Sociolla, perusahaan media online multi platform IDN Media. \

Juga startup Point-of-Sale (POS) mobile Moka, startup teknologi micro-retail Warung Pintar, dan startup teknologi pendidikan (edutech) yaitu Ruangguru. Hingga saat ini, EV Growth telah menginvestasikan 40% dari total dana investasi mereka kepada 12 startup, yang 90% di antaranya berasal dari Indonesia.

"Kami mendirikan EV Growth untuk membantu para startup terbaik di Indonesia, termasuk pada portofolio East Ventures. Waktu pendirian, besarnya dana investasi, dan kecepatan kami dalam mengeluarkan dana investasi, semuanya tepat, dan kami senang bisa mengundang dana investasi “pintar” (smart money) selama masa penggalangan dana yang singkat ini," ujar Willson Cuaca, Partner dari EV Growth dalam keterangan tertulis Jumat (31/5).

Shinichiro Hori, Partner dari EV Growth, mengatakan senang bisa mengajak induk perusahaan YJ Capital Inc., SoftBank Group Corp., dan banyak investor regional lain untuk bergabung dengan dana investasi ini. Sebagai perusahaan investasi gabungan, Ia ingin memberikan manfaat kepada perusahaan portofolio melalui jaringan dan keahlian dari para mitra, induk perusahaan, afiliasi, dan para investor yang telah berpengalaman di pasar dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×