kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,46   6,00   0.65%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng Go-Pay, Baznas target himpun donasi digital Rp 2 miliar


Rabu, 16 Mei 2018 / 15:11 WIB
Gandeng Go-Pay, Baznas target himpun donasi digital Rp 2 miliar
Sedekah Go-Pay, bayar zakat melalui aplikasi


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis dompet digital semakin menggeliat. Yang terbaru, Go-Jek melalui Go-Pay menyasar ranah donasi melalui kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

"Target Baznas ada Rp 2 miliar dana zakat dan sedekah terhimpun melalui QR Code Go-Pay selama Ramadan 2018. Go-Pay tidak mengambil potongan apapun dari dana yang terhimpun. Dana ini akan disalurkan bagi penerima zakat binaan Baznas," ujar Deputi Baznas Arifin Purwakananta pada konferensi pers, Rabu (16/5) di Jakarta.

Melalui kerjasama ini, pengguna Go-Jek dapat melakukan donasi menggunakan fasilitas QRCode milik Go-Pay. Pengguna cukup memindai QR milik Baznas yang ada di berbagai lokasi di Jabodetabek.

Kini fasilitas ini dapat ditemui di baliho, 23 stasiun kereta api, communter line Jabodetabek, 36 gerai Baznas yang ada di pusat perbelanjaan, perkantoran, dan fasilitas publik lainnya.

Managing Director Go-Pay Budi Gandasoebrata mengatakan Baznas merupakan lembaga pertama yang diajak oleh Go-Pay dalam kerjasama donasi ini. Ke depan, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menjalin kerjasama dengan lembaga lainnya. Bahkan Go-Pay tengah memperhitungkan menempatkan QRCode donasi di tempat ibadah.

"Data internal Go-Jek pada Ramadan 2017 terjadi kenaikan 60% donasi melalui Go-Pay dibandingkan Ramadan 2016. Selain itu, terjadi peningkatan tipping menggunakan Go-Pay dari konsumen ke mitra pengemudi selama bulan Ramadan 2017, yaitu satu dari empat order yang dilaksanakan," jelas Budi.

Arifin menambahkan tidak ada batasan bagi pengguna Go-Pay dalam berdonasi. Bila program ini berhasil, Baznas akan melebarkan QR Code Baznas ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, Baznas akan membuka bentuk kerjasama yang lain dengan Go-Pay.

"Nanti bisa kita kembangkan seperti pembayaran zakat fitrah. Bila Go-Pay mau juga bisa kita buat donasi khusus seperti donasi untuk Palestina," kata Arifin.

Pemain dompet digital lainnya, TCash juga telah mengumumkan kerjasama dengan Rumah Zakat dalam menyasar ranah donasi di bulan Ramadan 2018.

Donasi digital ke Rumah Zakat melalui Tcash juga dapat memindai QR Code yang tertera pada kotak infaq di masjid-masjid tertentu. Selain itu, masyarakat juga memiliki pilihan menggunakan kode akses *800*01#. Kode tersebut untuk memilih program donasi yang diinginkan, dimulai dari zakat, infaq, qurban, beasiswa, siaga bencana, hingga program insidental kemanusiaan.

Asal tahu saja, baik Go-Pay maupun TCash sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia (BI) dalam menjalankan bisnis dompet digital dengan menggunakan teknologi QRCode.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×