kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng Maybank, nasabah FIF Group bisa bayar cicilan via setor tunai


Senin, 09 Desember 2019 / 16:46 WIB
Gandeng Maybank, nasabah FIF Group bisa bayar cicilan via setor tunai


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Federal International Finance (FIF Group) mengandeng PT Bank Maybank Indonesia Tbk memberikan layanan cash collection solution. Lewat layanan ini, nasabah FIF Group dapat melakukan setoran cicilan langsung melauli mesin setoran yang ada di kantor cabang.

Mesin setoran ini beroperasi dalam waktu 24 jam selama tujuh hari. Selain itu sistem yang tertanam di mesin ini terintegrasi sehingga setoran tunai yang dilakukan langsung dikredit ke rekening tujuan di Maybank secara realtime. Dalam menyediakan layanan mesin ini, Maybank bekerja sama dengan PT G4S Cash Service sebagai perusahaan Cash In Transit penyedia mesin setoran uang yang digunakan.

Baca Juga: POJK sinergi syariah diluncurkan, bank syariah boleh ikut bisnis bank induk

“Layanan akan makin cepat, apalagi 90% nasabah membayar cicilan masih menggunakan uang tunai. Sehingga kecepatan kita untuk menangani uang tunai sangat penting. Selain itu, secara internal ini juga akan mengurangi risiko yang ada karena menyimpan uang tunai di kasir,” ujar Coorporate Finance and Treasury Division Head FIF Group Jerry Fandy di Jakarta pada Senin (9/12).

Ia bilang saat ini, FIF Group baru menggunakan satu unit mesin ini di salah satu cabang di Jakarta. Ke depannya, FIF Group akan terus menambah jumlah mesin ini untuk meningkatkan layanan kepada nasabah.

Sedangkan Direktur Perbankan Global Maybank Indonesia Eri Budiono menyatakan mesin setor tunai ini dapat melakukan perhitungan dan pencatatan secara akurat untuk setiap denominasi uang yang disetorkan. Juga mampu memvalidasi terhadap uang palsu dan mutilasi.

“Mesin ini sekaligus berfungsi sebagai brankas uang elektronik sehingga uang tunai dapat langsung disetorkan ke mesin ini setiap saat dengan aman. Mesin ini hanya dirancang khusus untuk melakukan transaksi setoran ke rekening nasabah, tidak dapat digunakan untuk transfer maupun penarikan uang layaknya ATM,” jelas Eri.

Baca Juga: Bank Muamalat: Isu kredit macet capai 40% dari total pembiayaan tak sesuai fakta

Di lain sisi, Jerry mengharapkan kerja sama ini ke depannya bisa memberikan layanan yang lebih dalam lagi. Ia berharap bisa melakukan pencairan uang pinjaman lewat mesin ini.

Asal tahu saja, FIF Group memiliki 230 kantor cabang, 416 point of service, dan lebih dari 1.000 Kios yang tersebar di seluruh Indonesia. Jerry mengaku setiap tahunnya rata-rata, anak perusahaan PT Astra Internasional Tbk ini membuka 10 kantor cabang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×