kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grab jajal bisnis marketplace asuransi digital di Asia Tenggara


Rabu, 16 Januari 2019 / 16:56 WIB
Grab jajal bisnis marketplace asuransi digital di Asia Tenggara


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyedian layanan transportasi online, Grab kini mulai memperluas bisnisnya. Perusahaan yang bermarkas di Singapura ini menggandeng ZhongAn Online P&C Insurace Co Ltd atau ZA Insurance untuk memasuki bisnis marketplace asuransi digital di Asia Tenggara.

Penjaminan asuransi berbasis internat merupakan pertama yang ada di Tiongkok. Melalui kerja sama joint venture tersebut akan menciptakan marketplace asuransi digital yang menawarkan produk-produk asuransi dalam beragam kategori premi dan bisa dipesan oleh konsumen langsung melalui aplikasi Grab.

“Kerja sama joint venture ini juga akan menggandeng mitra asuransi global untuk merancang berbagai produk yang khusus diciptakan bagi kebutuhan gaya hidup masyarakat di Asia Tenggara,” kata Presiden Grab Ming Maa, dalam keterangan pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (16/1).

Dalam kesepakatan kerja sama, ZA Internasional akan membawa aset-aset teknis untuk menciptakan platform serta wawasan terkait ekosistem internet kerja sama tersebut. Di sisi lain, Grab juga akan meluncurkan platform asuransi digital dalam aplikasi dan menjangkau jutaan pelanggan dalam memberikan produk asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Menurutnya, layanan ini akan diluncurkan di Singapura pada paruh pertama tahun 2019 sebelum diluncurkan di negara-negara lain. Kehadiran platform ini diharapkan akan membuka akses terhadap produk-produk asuransi bagi orang-orang yang termasuk dalam kategori uninsured dan underinsudered melalui telepon seluler mereka.

“Hal ini memungkinkan mereka untuk secara langsung mencari dan membeli produk asuransi dengan biaya terjangkau melalui aplikasi Grab, tanpa perlu mewelati agen atau broker,” tambahnya.

Selain itu, kerja sama ini diharapkan bisa menjembatani permasalahan yang kerap ditemui untuk mencari produk asuransi yang tepat, premi yang kurang terjangkau, serta pilihan pembayaran yang memungkinkan pembayaran premi asuransi untuk dapat disesuaikan dan dipotong secara otomatis melalui GrabPay atau mitra pembayaran lainnya.

Sebagai langkah awal, bersama dengan perusahaan asuransi Chubb, Grab akan menawarkan produk asuransi bagi mitra pengemudi di Singapura untuk melindungi mereka dari risiko kehilangan pendapatan karena penyakit atau kecelakaan.

Kini Grab tidak hanya menawarkan layanan transportasi di Asia Tenggara, menyediakan layanan pengantaran makanan, pengiriman barang, barang belanjaan, layanan finansial, konten dan lainnya bagi pengguna. Tahun ini, Grab juga akan memperluas layanan hingga pengiriman uang antar negara dan kesehatan online.

Ia menjelaskan, bahwa peluncuran platform asuransi ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menjadi perusahaan aplikasi terkemuka di Asia Tenggara.

Dengan lebih dari 130 juta unduhan aplikasi Grab di Asia Tenggara dan menjangkau 336 kota, serta kemampuan mengetahui perilaku dan kebutuhan pelanggan, sehingga memungkinkan Grab menyediakan produk asuransi inovatif yang memberikan nilai lebih bagi pelanggaran.

Vice General Manager ZhongAn mengklaim, telah bekerja sama dengan lebih dari 300 mitra ekosistem internet dan menyediakan solusi teknologi dalam membangun ekosistem asuransi yang berpusat di ZhongAn. “Kami yakin bahwa kami dapat menjembatani kebutuhan asuransi pelanggan di Asia Tenggara, Bersama Grab dan perusahaan asuransi terkemuka lainnya,” ujarnya.

Head of Grab Financial Ruben Lai, mengatakan melalui kerja sama ini, diharapkan menyediakan kebutuhan pelanggan, mitra pengemudi dan merchat dalam memberikan perlindungan asuransi yang relevan dan terjangkau dari berbagai ketidakpastian hidup.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan langkah besar di pasar Asia Tengagra bagi ZA Internasional, yang merupakan entitas untuk perkembangan bisnis luar negeri bagi ZA online yang didirikan pada Desember 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×