kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingat, asuransi mobil gugur bila kelebihan muatan


Rabu, 24 Juni 2020 / 15:10 WIB
Ingat, asuransi mobil gugur bila kelebihan muatan
ILUSTRASI. Ilustrasi Asuransi di jakarta. KONTAN/Muradi/2014/10/07


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pemegang polis asuransi mobil harus mewaspadai gugurnya asuransi akibat kelebihan muatan. PT Asuransi Astra Buana menyatakan risiko gugur perlindungan tersebut karena bisa meningkatkan risiko keselamatan saat berkendara.

Hal ini terutama disebabkan karena adanya perubahan berat yang ditopang melebihi kapasitas maksimal pada mobil.

Akibatnya bakal mempengaruhi kondisi-kondisi seperti keseimbangan dan kecepatan mobil saat melaju. Berkurangnya tekanan angin pada ban, berkurangnya kekuatan pada mesin, hingga membuat penggunaan BBM menjadi lebih boros.

Baca Juga: Asuransi mobil pribadi bisa gugur jika digunakan untuk taksi online, sudah tahu?

“Jika terbukti salah satu penyebab kecelakaan memang terjadi karena adanya kelebihan muatan seperti misalnya kapasitas mobil Anda hanya memiliki tujuh seater, namun ternyata saat kecelakaan terjadi penumpang di dalam mobil terdapat 12 orang. Maka pihak asuransi tidak dapat membantu untuk klaim asuransi,” ujar Manajemen Asuransi Astra dalam keterangan tertulis pada Rabu (24/6).

Pengecualian ini sesuai dengan yang tertuang pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Bab II Pengecualian Pasal 3 ayat 1.4. Bunyinya kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan oleh pabrikan jika hal tersebut tidak diatur oleh pihak yang berwenang.

“Maka dari itu selalu utamakan keselamatan, patut untuk selalu diingat bahwa saat Anda berkendara, keamanan adalah hal terpenting yang harus diutamakan. Dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan, perjalanan pun akan semakin nyaman dan menyenangkan,” tambah manajemen Asuransi Astra.

Merujuk laporan keuangan, Asuransi Astra mencatatkan pendapatan premi bruto pada konvensional senilai Rp 1,45 triliun hingga Maret 2020. Nilai itu tumbuh 17,89% year on year (yoy) dibandingkan Maret 2019 senilai Rp 1,23 triliun.

Asuransi Astra memiliki produk asuransi perlindungan Garda Oto. Guna meningkatkan pendapatan premi, perusahaan menggelar spesial promo untuk bulan ini dapatkan voucher diskon hingga Rp 4,9 juta ditambah cicilan 0% dengan kode promo TETAPSIAGA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×