kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini strategi bank mendorong transaksi uang elektronik berbasis kartu


Rabu, 18 November 2020 / 20:37 WIB
Ini strategi bank mendorong transaksi uang elektronik berbasis kartu
ILUSTRASI. Kasir peragakan transaksi di kasir Prima Freshmart menggunakan Co-Branding TapCash Prima Freshmart. Warta Kota/Alex Suban


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Transaksi uang elektronik berbasis kartu masih mengalami penurunan secara tahunan meskipun secara bulanan maupun kuartalan sudah mengalami peningkatan sejak dibukanya kembali aktivitas bisnis. Bank penerbit uang elektronik kartu tetap berupaya agar transaksinya semakin meningkat. 

PT Bank Mandiri misalnya mencatatkan transaksi kartu e-Money pada bulan Oktober tumbuh sekitar 15%-20% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Thomas Wahyudi, SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri bilang, tren peningkatan mulai terjadi sejak minggu kedua September hingga minggu kedua Oktober dimana rata-rata transaksi harian naik 15%. 

Menurutnya, tren kenaikan tersebut terus bertahan dengan kecenderungan naik hingga saat ini. " Transaksi terbanyak tetap terjadi di sektor transportasi  seperti jalan tol, Transjakarta, CommuterLine, MRT, parkir," kata Thomas pada Kontan.co,id, Rabu (18/11).

Baca Juga: Sebagian bank yakin kredit konsumer masih bisa tumbuh sampai akhir tahun

Meski diperkirakan akan tetap tumbuh secara bulanan, namun Thomas melihat hingga akhir tahun transaksinya belum akan meningkat dari tahun lalu. Guna mendorong kenaikan transaksi bulan ke bulan, Bank Mandiri akan terus memperluas penerimaan pembayaran menggunakan e-money, menyediakan sarana isi ulang, membangun cashless society, meningkatkan produksi kartu, memudahkan akses pembelian kartu untuk customer hingga menghadirkan e-money dengan tampilan desain khusus yang menarik. 

Selain itu, lanjut Thomas, Bank Mandiri juga berencana untuk melakukan kerja sama dengan dengan merchant retail seperti Indomaret dengan membuat program potongan harga di klik Indomaret. "Saat ini program diskon dengan e-money sudah ada di beberapa merchant-merchant F&B seperti Hoka-Hoka Bento, Yoshinoya, Solaria,"lanjutnya.

Sedangkan BNI telah mencatat kenaikan volume transaksi TapCash 22,5% pada bulan Oktober dibanding bulan September. Namun, secara tahunan masih mengalami koreksi sebesar 16%. 

Vice President E-Channel BNI Fajar Kusuma mengatakan,  perlambatan tersebut membuat perseroan harus melakukan strategi yang lebih kreatif untuk menjaga pertumbuhan bisnis. Beberapa inisiasi yang kami lakukan adalah dengan membuka kerjasama seluasnya dengan komunitas baik nasional maupun daerah. 

BNI telah memperluas kanal penjualan TapCash melalui vending machine di TransJakarta, kerjasama dengan komunitas dan institusi, serta penjualan melalui e-commerce. Per Oktober, jumlah kartu TapCash telah tumbuh 21% yoy.

Baca Juga: Laba susut di kuartal III 2020, bagaimana prospek bisnis bank BUKU IV swasta di 2021?

"Kami optimis di akhir tahun 2020, bisnis TapCash akan tetap bertumbuh dibandingkan tahun 2019. Ini karena pertumbuhan jumlah pemegang kartu sebesar 22% dan bertambahnya kanal penjualan serta top up khususnya di e-commerce," kata Fajar.

Sementara BCA mencatatkan jumlah kartu Flazz beredar sebanyak 18 juta kartu per September 2020 dengan transaksi mencapai 492 juta.  Raymon Yonarto, Sekretaris Perusahaan BCA mengatakan,  transaksi tersebut mengalami peningkatan tetapi ia tidak merinci besaran kenaikannya. 

"Kondisi peningkatan transaksi terutama disebabkan peningkatan jumlah pengguna meskipun aktivitas masyarakat akibat PSBB berkurang terutama di sektor transportasi di tengah situasi pandemi," pungkasnya. 

Selanjutnya: Ada lagi nasabah yang melaporkan kehilangan uangnya, begini respons Maybank

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×