kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jurus Jitu Memilih Program Deposito Terbaik


Kamis, 26 November 2020 / 12:00 WIB
Jurus Jitu Memilih Program Deposito Terbaik


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Besar-kecil nominal investasi deposito dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari jenis pekerjaan, gaya hidup dan target investasi. Pastinya, semakin banyak nilai deposito yang Anda investasikan, kemungkinan akan semakin besar pula bunga depositonya.

Banyak orang mungkin sudah memahami pentingnya memiliki produk investasi dari bank. Mulai dari tabungan rekening, deposito, dan lain sebagainya. Hal tersebut disa dipahami karena investasi di bank merupakan salah satu cara mengelola risiko keuangan yang mudah, aman, dan terjangkau.

Bila Anda hendak membeli deposito untuk mendapatkan bunga, berarti Anda juga harus siap mengeluarkan uang sebagai bentuk kewajiban. Besar-kecil nominal investasi dan bunga deposito dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain: kondisi ekonomi, tren suku bunga bank dan lainnya.

Baca Juga: Masukkan Program Deposito J Trust Bank dalam Perencanaan Keuangan Anda

Tidak perlu khawatir akan anggapan bahwa perlu jumlah uang yang banyak dalam investasi deposito. Anda bisa menerapkan jurus mudah berikut ini supaya kebutuhan investasi deposito bisa Anda penuhi sesuai kemampuan dan kondisi keuangan.

Pertama, pahami kebutuhan investasi Anda. Ada ungkapan lama, “Uang bukanlah segalanya, tetapi kebahagiaan saja takkan mampu menghalau rintangan.”

Anda tentu punya tujuan yang bisa diwujudkan dengan bantuan uang. Baik berlibur, membeli rumah ataupun menyekolahkan anak. Berinvestasi menjadi salah satu jalan yang membantu mencapai tujuan itu.

Selama Anda sudah bisa menyisihkan penghasilan Anda sekitar 15%, dana ini bisa digunakan untuk menabung dan berinvestasi ke deposito. Proporsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk memprioritaskan kebutuhan jangka pendek dan dana darurat, lalu alokasikan jumlah yang masuk akal bagi Anda untuk mulai berinvestasi.

Kedua, atur arus kas Anda dengan cermat. Dalam kondisi pandemi, kesampingkan terlebih dulu kebutuhan yang tidak penting, misalnya belanja aksesori gawai yang mahal, mengganti mobil baru atau membeli barang hobi lainnya. Lebih baik simpan alokasi pengeluaran itu ke dalam tabungan, seperti deposito.

Ketiga, memilih investasi yang tepat. Pilihan investasi mesti disesuaikan dengan perkiraan waktu kita ingin menggunakan hasil investasi itu. Jika Anda ingin berinvestasi dengan jangka waktu satu tahun, deposito merupakan instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk pemula, investasi ini bisa dimulai karena relatif aman. Tetapi, perlu diperhatikan juga aspek legalitas lembaga jasa keuangan, dalam hal ini bank, produk depositonya, dan bunga deposito yang ditawarkan.

Di tengah era suku bunga rendah setelah BI menurunkan suku bunga acuan, PT Bank JTrust Indonesia Tbk. (J Trust Bank) menawarkan aneka program deposito dengan keunggulan berupa bunga deposito yang menarik.

Program tersebut adalah program Special Rate Deposito Rupiah J Trust yang menawarkan bunga deposito hingga 7,25%. Program ini diselenggarakan oleh J Trust Bank mulai 1 November 2020 hingga 31 Desember 2020.

Bunga deposito ini terbilang tinggi di era suku bunga rendah. Seperti diketahui, Bank Indonesia kembali menurunkan BI 7-days Reverse Repo Rate menjadi 3,75% pada Kamis (19/11/2020).

Dalam program ini, penempatan dana hanya dalam mata uang Rupiah dan berlaku atas nama perorangan. Bunga deposito dalam program ini adalah special rate. Jangka waktu penempatan deposito adalah selama 6 bulan dan 12 bulan, serta tidak dapat diperpanjang.

Nasabah dapat menikmati suku bunga deposito spesial ini dengan menempatkan dana minimum Rp500 ribu. Penempatan dana maksimum sebesar Rp20 juta per satu customer information file (CIF) pada program ini. Program ini berlaku untuk dana baru (fresh fund). Syarat lainnya adalah nasabah yang berpartisipasi pada program deposito ini wajib membuka rekening tabungan sebagai tempat menampung dana dan hasil bunga deposito.

Namun, jika break terpaksa dilakukan, nasabah dikenakan penalti dan hanya pada bulan berjalan yang dikenakan denda, yakni dengan memberikan suku bunga yang sama dengan suku bunga tiering tabungan J Trust Bank yang berlaku.

Dalam berinvestasi deposito, nasabah perlu mengetahui bahwa simpanan nasabah pada bank berlaku peraturan terkait Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Di samping itu, nilai simpanan yang dijamin untuk setiap nasabah pada bank adalah sesuai dengan yang ditentukan dalam Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Program lainnya yakni program referral "Win-Win-Win", yaitu program yang akan memberikan cashback untuk introducer (referentor) dan deposan. J Trust Bank telah meluncurkan program referral “Win-Win-Win” dengan bunga deposito yang menarik ini sejak akhir April 2020. Selain itu, program ini memberikan peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Sebagai bagian dari program referral  "Win-Win-Win", J Trust  Bank menawarkan program Deposito J Trust dengan nama "Tetap Semangat Melawan Corona" di mana nasabah dapat berinvestasi sekaligus berdonasi. Bunga deposito program ini juga tak kalah menarik.

Dengan jangka waktu deposito yang tersedia yaitu 3 bulan dan 6 bulan, suku bunga deposito program referral  "Win-Win-Win" mencapai 7% per tahun plus cashback 0,2% per tahun untuk deposan atau referentor. Besaran cashback tersebut berbeda untuk periode penempatan 3 bulan dan 6 bulan.

Semakin lama periode dan semakin besar nominal penempatan deposito maka semakin besar nilai cashback-nya. Cashback tersebut dikenakan pajak sebesar 20%.

Untuk berpartisipasi pada program referral "Win-Win-Win", nasabah hanya perlu menempatkan dana minimum Rp10 juta (berlaku kelipatan) dan maksimum Rp1 triliun, serta berupa dana baru (fresh funds).

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×