kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kata para bankir perihal BI ingin bank transparan umumkan bunga kredit


Kamis, 11 Februari 2021 / 21:27 WIB
Kata para bankir perihal BI ingin bank transparan umumkan bunga kredit
ILUSTRASI. Bank Indonesia


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) berkali-kali menegaskan pihaknya akan turun tangan langsung untuk mendorong penurunan suku bunga kredit. Menurut bank sentral, perbankan yang selama ini enggan menurunkan bunga kredit akan diminta untuk mempublikasikan tingkat bunga dasar kredit ke publik alias transparansi bunga.

Nah, Gubenur BI Perry Warjiyo berpendapat dengan transparansi itu diharapkan suku bunga kredit perbankan bisa turun. Setidaknya bisa mempercepat transmisi penurunan suku bunga acuan BI 7-day reverse repo rate (BI-7DRR).

Sehingga selanjutnya bisa memacu pertumbuhan kredit dan mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia di tengah pandemi.

Perry juga mengatakan rencana transparansi itu juga sudah diusulkan dan dibahas oleh Komite Stabilitas Sitem Keuangan (KSSK). Adapun, untuk transparansi, ada tiga tahap yang dilakukan bank sentral.

Baca Juga: Pemerintah akan bebaskan PPnBM kendaraan bermotor per Maret 2021

Tahap pertama adalah publikasi asesmen suku bunga kredit berdasarkan suku bunga dasar kredit (SBDK) dan spread SBDK. Tahap kedua adalah menerbitkan Peraturan BI (PBI) untuk menggantikan Peraturan OJK terkait SBDK sebagai dasar publikasi. Sementara tahap terakhir adalah menguatkan efektivitas transmisi suku bunga dengan menerapkan benchmark rate.

Asal tahu saja, sepanjang tahun lalu, BI memang telah menurunkan bunga acuan BI 7-day reverse repo rate (BI7DRR) sebanyak 125 basis poin (bps). Hasil dari kebijakan itu, suku bunga konsumsi masih baru turun 65 bps, sementara suku bunga modal kerja turun 88 bps dan suku bunga kredit investasi turun 102 bps.

Beberapa bankir yang dihubungi Kontan.co.id mengaku menyambut baik rencana bank sentral. Direktur Keuangan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Vera Eve Lim bilang kebikan BI yang makin serius mendorong transparansi suku bunga kredit perbankan tentu sudah melalui kajian panjang.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×