kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laporan klaim gempa lombok bisa terus bertambah


Kamis, 23 Agustus 2018 / 18:49 WIB
Laporan klaim gempa lombok bisa terus bertambah
ILUSTRASI. Kerusakan akibat gempa lombok


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kawasan Lombok dan sekitarnya beberapa kali dilanda gempa bumi sejak awal bulan ini. Karena itu potensi pengajuan klaim kepada perusahaan perasuransian pun diperkirakan bisa terus bertambah.

Berdasarkan data PT Reasuransi Maipark Indonesia, hingga pertengahan Agustus 2018 kemarin, akumulasi nilai klaim yang masuk mencapai sekitar Rp 33,13 miliar. Namun besaran klaim yang diajukan bisa terus bertambah.

Terlebih, gempa susulan cukup besar beberapa kali terjadi. Estimasi klaim dari ceding company hingga saat ini masih dalam hitungan. "Angka-angka tersebut akan terus diperbaharui," kata Direktur Utama Maipark Ahmad Fauzie, belum lama ini.

Adapun hingga pertengahan bulan ini telah masuk 156 laporan klaim dari 21 ceding company. Wilayah dengan laporan klaim terbanyak berasal dari Lombok, Kabupaten Badung, Kota Mataram, Kota Denpasar, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Sumbawa Barat, Jembrana dan Kabupaten Karang Asem.

Kerugian ekonomi akibat gempa Lombok sendiri diperkirakan mencapai Rp 5,04 triliun yang berasal dari beberapa sektor. Diantaranya permukiman sebesar Rp 3,82 triliun, infrastruktur Rp 7,5 miliar, ekonomi produktif Rp 432,7 miliar, dan sosial budaya Rp 716,5 miliar, serta lintas sektor Rp 61,9 miliar.

Kerusakan dan kerugian terbanyak, tercatat di Kabupaten Lombok Utara sebesar Rp 2,7 triliun, Lombok Barat lebih dari Rp 1,5 triliun, Lombok Timur sekitar Rp 417,3 miliar, Lombok Tengah Rp 174,4 miliar dan Kota Mataram sekitar Rp 242,1 miliar.

PT Asuransi Wahana Tata (Aswata) pun terus memantau laporan klaim yang masuk ke perusahaan. Direktur Utama Aswata Christian Wanandi bilang pihaknya sudah menerima sekitar 28 laporan klaim akibat bencana gempa tersebut.

Dengan masih dilakukannya pendataan di lapangan, jumlah laporan klaim ini diperkirakan akan terus bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×