kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lima perusahaan belum terapkan kepemilikan tunggal


Rabu, 11 Januari 2017 / 10:41 WIB
Lima perusahaan belum terapkan kepemilikan tunggal


Reporter: Dina Farisah | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Pemegang saham pengendali asuransi akan sibuk mengurus peleburan entitas usaha di tahun ini. Hal tersebut harus segera dilakukan lantaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberi batas pelaksanaan aturan single presence policy di 2017.

Kewajiban tersebut untuk menaati Undang-Undang nomor 40 tahun 2014 tentang Perasuransian. Konglomerasi hanya diperbolehkan memiliki satu perusahaan asuransi jiwa dan satu perusahaan asuransi umum. Namun diperbolehkan memiliki anak usaha.

"Nantinya terkait perubahan pemegang saham harus ada persetujuan OJK. Saya kira batas waktu yang kami berikan hingga Oktober 2017 sudah memadai karena hanya perubahan struktur pemegang saham," terang Dumoly Pardede, Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kepada KONTAN, Senin (9/1).

Dumoly bilang, apabila dokumen sudah lengkap maka izin dari OJK dapat keluar seminggu kemudian. Hingga saat ini, perusahaan yang belum menerapkan single presence policy ada lima perusahaan. Namun dirinya enggan menyebut nama-nama perusahaan tersebut.

Umumnya, imbuh Dumoly, perusahaan memilih restrukturisasi model vertikal. Artinya, perusahaan asuransi akan mengubah pemegang saham hingga ke level bawah agar tak melanggar. Dua perusahaan yang bakal segera menerapkan aturan single presence policy adalah Group Axa dan Sinarmas.

Sebelumnya ada PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk (AHAP) yang memisahkan diri (spin off) dari induk usahanya PT Asuransi Central Asia (ACA). Sunyata Wangsadarma, Direktur Utama PT Asuransi Harta Aman Pratama mengatakan, rencana tersebut dilakukan di tahun ini.

PT Fairfax Asia Limited (FFA) yang akuisisi PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk (AMAG) juga menggabungkan unit bisnis asuransi umum. Sebelumnya, perusahaan Singapura ini memiliki PT Fairfax Insurance Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×