kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandiri Syariah permudah layanan pelunasan biaya haji BPIH


Selasa, 19 Maret 2019 / 15:16 WIB
Mandiri Syariah permudah layanan pelunasan biaya haji BPIH


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) telah menyiapkan platform digital channel dalam rangka pelunasan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019. Pemerintah sendiri telah menetapkan pelunasan BPIH tahap pertama dimulai 19 Maret sampai dengan 15 April 2019 dan tahap kedua pada 30 April hingga 10 Mei 2019 dengan BPIH sebesar Rp 35,23 juta.

Anton Sukarna, SEVP Mandiri Syariah menyampaikan untuk kenyamanan dan kemudahan nasabah jamaah haji, Mandiri Syariah telah menyediakan platform pembayaran melalui Mandiri Syariah Mobile Banking dan Mandiri Syariah Netbanking.

‘’Platform tersebut akan memudahkan nasabah melakukan pelunasan disamping layanan pelunasan melalui kantor cabang yang sudah ada sebelumnya," ujarnya dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (19/3).

Menurutnya, dengan fasilitas e-channel, nasabah lebih mudah, nyaman dan fleksibel karena tidak perlu datang ke kantor cabang dan mengantri di teller untuk melakukan pelunasan.

‘’Selanjutnya, dalam waktu tiga hari setelah pelunasan, nasabah harus menyerahkan bukti pelunasan ke Kementerian Agama (Kemenag)  dengan membawa persyaratan yang diperlukan," jelas Anton.

Persyaratan yang harus dibawa nasabah ke Kantor Kemenag diantaranya resi pelunasan bank dan 10 lembar pas foto 4×6 background putih, 80 % wajah.

Total jamaah haji yang terdaftar melalui Mandiri Syariah dan berhak lunas untuk berangkat tahun ini sekitar 79 ribu.

Jumlah tersebut sekitar 31% dari total jamaah haji Indonesia tahun 2019 yang berjumlah 220 ribu. Dari sekitar 79 ribu yang berhak lunas tahun ini, Manajemen memperkirakan pelunasan melalui e-channel akan mencapai sekitar 13%.

Corporate Secretary Mandiri Syariah, Ahmad Reza menambahkan, fasilitas e-channel juga akan memudahkan nasabah yang tinggal di daerah yang letaknya jauh dari outlet Mandiri Syariah.

Selain melalui fasilitas e-channel, nasabah yang berada di luar jangkauan kantor cabang juga bisa melakukan pelunasan di Layanan Syariah Bank di outlet Bank Mandiri.

Guna mengakomodir kebutuhan sehari-hari jamaah haji selama di tanah Suci, Mandiri Syariah menyiapkan layanan penukaran Saudi Arabian Riyal (SAR) dengan paket nilai SAR beragam di seluruh kantor Cabang.

Per Desember 2018, rekening Tabungan Mabrur Mandiri Syariah mencapai 1,8 juta. Sekitar 72% atau 1,3 juta dari nasabah tersebut sudah terdaftar dalam Siskohat Kementerian Agama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×