kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski pasar volatil, permintaan unit link akan tetap tinggi


Rabu, 28 Maret 2018 / 17:53 WIB
Meski pasar volatil, permintaan unit link akan tetap tinggi
ILUSTRASI. Brosur produk Asuransi Umum


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam beberapa waktu terakhir, kinerja pasar saham menunjukkan volatilitas. Namun naik dan turunnya indeks saham domestik dinilai tak akan banyak berpengaruh terhadap penjualan produk unit link.

Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Hendrisman Rahim mengakui dewasa ini memang makin banyak yang masyarakat yang memanfaatkan produk unit link sebagai salah satu sarana dalam berinvestasi. Karena itu, tentunya pergerakan pasar saham kerap menjadi pertimbangan.

Namun menurut dia, dalam beberapa tahun ke belakang pemahaman masyarakat terhadap produk unit link pun makin kuat. Termasuk dalam melihat unit link sebagai tempat mengelola uang dalam jangka panjang.

Sehingga fluktuasi di pasar saham diyakininya tak akan banyak menekan permintaan produk unit link. "Bahkan semakin banyak masyarakat yang paham bahwa indeks berada dalam posisi di bawah adalah saat yang tepat untuk masuk," katanya belum lama ini.

Terlebih ia memperkirakan fluktuasi yang ada hanyalah kondisi temporer. Sedangkan dalam jangka panjang pertumbuhan pasar saham di tahun ini akan tetap positif. Hal ini pun diyakini bisa makin mendorong minat masyarakat dalam membeli produk proteksi berbalut investasi ini.

Hendrisman menambahkan saat ini pamor unit link memang makin kuat. Dus premi yang didapat dari unit link pun terus meningkat.

Sebelumnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat premi dari unit link di tahun 2017 menembus angka Rp 82 triliun. Jumlah ini meningkat sekitar 11% dari tahun sebelumnya.

Dengan sejumlah faktor pendukung di atas, Hendrisman memperkirakan pertumbuhan premi dari unit link di tahun ini masih akan mencapai dua digit dari tahun 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×