kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Modal bank di Indonesia tertinggi di kawasan ASEAN


Minggu, 04 Oktober 2020 / 17:25 WIB
Modal bank di Indonesia tertinggi di kawasan ASEAN


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Walau diterpa krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19, tingkat permodalan bank di Tanah Air masih sangat tinggi. Merujuk catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Agustus 2020 rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) perbankan ada di level 23,16%. Posisi itu bahkan meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 22,96%. 

Kalau dibandingkan dengan negara tetangga, posisi CAR bank di Indonesia merupakan yang paling tinggi. Misalnya saja dengan Malaysia dan Thailand yang per Juli 2020 posisi CAR ada di level 18,06% dan 19,05% menurut data yang dihimpun oleh OJK. 

Menurut beberapa bankir yang dihubungi Kontan.co.id, wajar bila perbankan saat ini menjaga permodalan di level yang terbilang tinggi. Sebab sejatinya, fungsi CAR sendiri tak lain untuk mengatasi kemungkinan risiko kerugian, sekaligus menjaga stabilitas perusahaan. 

Artinya secara umum, semakin besar nilai CAR yang dimiliki perbankan, maka semakin baik pula kemampuan perbankan dalam tingkat keamanan dan pemenuhan kewajibannya. 

PT Bank Panin Tbk misalnya, yang mengatakan saat ini posisi CAR sudah di atas rata-rata industri. Walau tidak merinci, Direktur Utama Bank Panin Herwidayatmo bilang dalam situasi krisis seperti ini, CAR yang lebih dari cukup sangat dibutuhkan. "Terutama untuk berjaga-jaga terjadinya kemungkinan terburuk di kegiatan perekonomian," ujarnya Minggu (4/10). 

Baca Juga: Bank besar tetap menyambut baik pelonggaran aturan pinjaman likuiditas BI

Gambaran saja, per Juni 2020 CAR Bank Panin memang tercatatsangat tinggi sebesar 25,94%. Posisi ini juga meningkat dari periode setahun sebelumnya 23,35%. Melihat pencapaian itu, Herwidayatmo mengatakan pihaknya belum punya rencana untuk menambah modal lewat aksi korporasi dalam waktu dekat. 

Sementara itu, walau ada di bawah rata-rata industri PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengaku posisi permodalan saat ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sepanjang tahun 2020. 

Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini mengungkapkan CAR perseroan saat ini ada di level 16%-17% pada kuartal III 2020. Masih di atas ketentuan yang disyaratkan regulator, atau merujuk pada aturan Basel III yakni minimal 10%. 

Menurutnya, untuk di sisa tahun ini Bank BNI memilik untuk menjaga CAR tetap pada posisi stabil. "Kurang lebih dijaga sama dengan posisi Juni dan September. Rencana (aksi korporasi) tahun ini juga belum ada," terangnya. 




TERBARU

[X]
×