kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,64   -18,87   -2.02%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Modal Ventura gencar danai startup tahun ini


Rabu, 17 April 2019 / 16:13 WIB
Modal Ventura gencar danai startup tahun ini


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan modal ventura kian gencar memberikan pendanaan kepada perusahaan startup tahun ini. Sebut saja dua perusahaan modal ventura milik perbankan, seperti PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) dan PT Central Capital Ventura (CCF).

Tahun ini PT Mandiri Capital Indonesia telah menyiapkan investasi sebesar Rp 40 miliar yang berasal dari induk perusahaan, Bank Mandiri. 

CEO Mandiri Capital Indonesia Eddi Danusaputro mengatakan anggaran tersebut untuk diinvestasikan kepada tiga hingga empat platform teknologi finansial (tekfin).

“Kami sudah anggarkan dana untuk investasi berupa penyertaan ekuitas di tiga hingga empat perusahaan startup baru. Kami juga memberikan pendanaan lanjutan kepada startup yang sudah ada di portofolio kami,” kata Eddi kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

MCI sudah melakukan penjajakan terhadap dua perusahaan tekfin potensial untuk diberikan modal. Mereka adalah tekfin yang bergerak di bidang pertanian serta pengelolaan keuangan dan kekayaan (wealth management). 

Sejauh ini penjajakan tersebut masih tahap uji penilaian kualitas (due diligence) dan diharapkan bisa terealisasi pada semester I-2019.

Pemain lain, CCV akan berinvestasi di lima hingga enam tekfin tahun ini. 

Direktur PT Central Capital Ventura Michelle Suteja mengatakan akan berinvestasi kepada perusahaan tekfin sudah mendapatkan pendanaan pra seri dan seri A sebelumnya. Biasanya, perusahaan yang diajak kerjasama adalah perusahaan yang menghasilkan produk, berupa layanan teknologi finansial.

“Kriteria perusahaan yang bisa mendapatkan modal dari CCV adalah fintech Robo Advisor, Cybersecurity, Core Technology dan sebagainya,” kata Michelle.

Maka untuk memenuhi target pembiayaan dan menghadapi persaingan di industri modal ventura, perusahaan milik PT Bank Central Asia (BCA) ini menyiapkan strategi. Pihaknya akan memberikan kemudahan akses jaringan investasi ke grup BCA bagi siapa saja perusahaan yang mau bekerjasama dengan CCV.

Sementara itu, sampai dengan Maret 2019, perusahaan modal ventura ini telah menyalurkan pembiayaan kepada 14 perusahaan startup. Namun sayangnya, Central Capital Ventura tidak mau menjelaskan secara detil berapa total pembiayaan yang diberikan kepada mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×