kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pacu transaksi tabungan emas, Tokopedia tebar cashback Rp 250.000


Rabu, 02 September 2020 / 16:55 WIB
Pacu transaksi tabungan emas, Tokopedia tebar cashback Rp 250.000
ILUSTRASI. Fitur pembelian produk investasi emas dan reksadana melalui aplikasi?Tokopedia.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Guna meningkatkan transaksi pada layanan tabungan emas dan reksadana, Tokopedia merilis Gerakan Rabu Nabung. Lewat Gerakan ini, setiap Rabu, masyarakat yang membeli reksadana melalui Tokopedia bisa memperoleh gift card hingga Rp 75.000.

Sedangkan yang menabung emas, berkesempatan mendapat cashback hingga Rp 250.000. Tokopedia berharap gerakan ini meningkatkan kebiayaan masyarakat dalam berinvestasi.

“Lewat inisiatif ini kami berharap, menabung bisa tetap menjadi sebuah kebiasaan walau di tengah pandemi karena melalui Tokopedia masyarakat bisa berinvestasi dengan mudah, aman dan terjangkau. Mulai dari Rp 5.000 untuk emas dan Rp 10.000 untuk reksadana, siapa saja bisa menjadi investor,” ujar VP of Fintech and Payment Tokopedia Vira Widiyasari dalam diskusi virtual pada Rabu (2/9).

Baca Juga: Dana kelolaan Tokopedia Reksadana meningkat 30% di masa pandemi

Ia mengklaim emas sebagai produk investasi jangka panjang yang sudah sejak lama menjadi primadona karena harganya yang cenderung naik. Sedangkan reksadana pasar uang memiliki risiko rendah dan keuntungan relatif tinggi.

“Penetrasi dua produk investasi, yang dinilai ramah terutama kepada investor pemula ini, diharapkan bisa mendorong masyarakat mengenal produk investasi lebih lanjut lainnya dan secara umum meningkatkan literasi, serta inklusi keuangan di Indonesia,” lanjut Vira.

Tokopedia, bekerjasama dengan Bareksa dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), meluncurkan Tokopedia Reksa Dana pada 2018. Senior Lead Fintech Tokopedia, Marissa Dewi, mengatakan selama dua tahun ke belakang, transaksi Tokopedia Reksadana bertumbuh hampir 27 kali lipat.

Jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Reksa Dana pun bertumbuh lebih dari 57 kali lipat. Ia bilang kenaikan signifikan ini didorong sejumlah nilai tambah dalam menabung reksa dana lewat Tokopedia Reksa Dana.

“Mulai dari proses pendaftaran dan pencairan yang instan hanya dalam hitungan menit, tidak adanya biaya transaksi, hingga keuntungan hingga 6,5% per tahun yang sudah bersih dari pajak,” tutur Marissa.

Ia menambahkan masyarakat juga bisa memanfaatkan fitur Dana Impian dan Langganan Reksadana untuk membiasakan berinvestasi reksadana secara teratur dan berkala sekaligus meningkatkan kemampuan manajemen keuangan demi mencapai tujuan finansial tertentu.

“Tokopedia Emas hadir sejak 2019 atas kerja sama Tokopedia dengan Pegadaian dan diawasi oleh OJK. Data internal Tokopedia yang menunjukkan bahwa selama satu tahun ke belakang, jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Emas bertumbuh hampir 20 kali lipat. Transaksi Tokopedia Emas pun bertumbuh hampir 30 kali lipat,” kata Marissa.

Ia menyebut Tokopedia Emas juga menghadirkan berbagai fitur tambahan, seperti Pembulatan Emas, yang memungkinkan masyarakat berbelanja sambil menabung emas dengan membulatkan nominal belanja pada halaman Checkout mulai dari Rp 500.

Baca Juga: Gandeng Pegadaian, Tokopedia layani tabungan emas mulai Rp 5.000

Ada pula Langganan Emas, fitur yang mempermudah masyarakat mengatur pembelian emas secara harian, mingguan, maupun bulanan, misal pada hari gajian. Masyarakat juga bisa berbagi saldo emas dengan orang terdekatnya melalui fitur Kado Emas. Selain itu, melalui kerja sama dengan Pegadaian, Tokopedia Emas sudah memenuhi prinsip-prinsip syariah.

Tokopedia ke depannya akan secara rutin menggelar talk show daring bertema investasi di akhir setiap bulan. Talk show ini menghadirkan berbagai narasumber yang membagikan pengalaman, serta tips dan trik mengatur keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×