kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pegadaian siap terbitkan obligasi Rp 2 triliun


Kamis, 25 November 2010 / 09:57 WIB
Pegadaian siap terbitkan obligasi Rp 2 triliun
ILUSTRASI. Jemmy Paul Wawointana


Reporter: Raymond Reynaldi, Steffi Indrajana | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Walaupun belum memiliki orang nomor satu definitif, Perum Pegadaian telah menetapkan rencana bisnis tahun depan. Salah satunya adalah, penerbitan obligasi. "Paling lambat bulan Maret 2011. Nilainya sebesar Rp 2 triliun," ujar Budiyanto, Direktur Keuangan sekaligus Plt Direktur Utama Pegadaian.

Selain menerbitkan obligasi, Pegadaian juga akan menerbitkan surat utang jangka menengah alias medium term notes (MTN) senilai Rp 1 triliun. "Kami juga ingin mendapatkan dana dari perbankan sebanyak Rp 2 triliun," terang Budiyanto lagi.

Total dana segar yang ingin dicari oleh Pegadaian sebanyak Rp 5,2 triliun. "Dana itu akan digunakan untuk membiayai ekspansi kami tahun depan," kata Budiyanto.

Soal pendapatan, Pegadaian juga menargetkan omzet sebesar Rp 87 triliun dan laba kotor sebesar Rp 1,7 triliun. Target tersebut terbilang tinggi, karena target omzet tahun ini yang sebesar Rp 75 triliun tidak tercapai. Namun, di tahun 2011, Budiyanto optimistis bahwa perusahaan pelat merah ini akan mencapai target omzet.

Hingga Oktober 2010, perusahaan pelat merah ini menorehkan laba kotor sebesar Rp 1,33 triliun dan laba bersih Rp 996 miliar. Sampai akhir tahun, Pegadaian menargetkan laba kotor bisa mencapai Rp 1,45 triliun, dan laba bersih Rp 1,1 triliun. Sedangkan untuk omzet, Pegadaian optimistis, hingga akhir tahun ini bisa mencapai Rp 60 triliun sampai Rp 61 triliun.

Budiyanto berdalih, target omzet tahun ini tak tercapai karena beberapa unit pelayanan Pegadaian belum memberikan kontribusi besar. Maklum, tidak semua unit pelayanan beroperasi sejak awal tahun karena sepanjang tahun ini Pegadaian gencar menambah unit pelayanan.

Kendala lain, selain gadai, produk Pegadaian lain masih belum memberikan hasil optimal. "Tahun depan kami akan memaksimalkan produk yang ada dan mengoptimalkan kinerja unit pelayanan," kata Budiyanto. Efek strategi ini, tahun depan Pegadaian tidak menambah produk baru. Alhasil, Pegadaian tetap berjalan dengan 19 produk.

Direktur Operasional Pegadaian Edy Prayitno menambahkan, pada April 2011 Pegadaian menargetkan memiliki 5.000 unit pelayanan. Hingga September lalu sudah berdiri 4.857 unit pelayanan.

Tahun depan Pegadaian membidik pusat perbelanjaan atau mal. "Dari 70 pusat perbelanjaan atau mal di DKI Jakarta, unit pelayanan Pegadaian sudah ada di 15 lokasi," ujar Edy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×