kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,02   -1,62   -0.17%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rogoh kocek Rp 6,15 triliun, ini alasan Zurich akuisisi Adira


Kamis, 27 September 2018 / 19:23 WIB
Rogoh kocek Rp 6,15 triliun, ini alasan Zurich akuisisi Adira
CEO Zurich Asia Pasific, Jack Howell


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Zurich Insurance Group secara resmi telah mengakuisi 80% kepemilikan saham PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Nilai transaksi aksi korporasi ini mencapai Rp 6,15 triliun atau setara dengan US$ 414 juta.

Chief Executive Officer Zurich Asia Pasifik Jack Howell mengatakan, transaksi ini mencakup dua perjanjian kerjasama strategis jangka panjang dengan Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) dan PT Adira Dinamika Multi Finance (ADMF). Dengan demikian, Bank Danamon akan mengempit saham Adira Insurance sebesar 20%.

"Dengan transaksi akuisisi ini Zurich ingin menjadi perusahaan asuransi umum patungan terbesar di Indonesia," kata Jack saat berbincang dengan media di Jakarta, Kamis (27/9).

Menurutnya, potensi pasar asuransi umum terbilang besar di Indonesia. Hal ini pula yang menjadi alasan Zurich ingin semakin menggurita di negara ini. Apalagi dengan tingkat penetrasi kesadaran berasuransi yang masih sangat rendah dibanding negara tetangga tentu menjadi ceruk pasar tersendiri.

Adapun akuisisi ini diperkirakan rampung di kuartal empat 2018 setelah mendapat persetujuan atas persyaratan penyelesaian transaksi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ke depan, berbagai langkah strategi juga telah dipersiapkan untuk mengencangkan bisnis di Indonesia.

Di antaranya, Zurich akan tetap fokus mengembangkan bisnis Adira Insurance yang telah berjalan saat ini dengan segmen otomotif di samping juga ke depan akan terus mengembangkan produk asuransi perjalanan. Tak hanya itu, produk baru dan pengembangan jalur distribusi juga akan dipersiapkan pasca transaksi telah sepenuhnya rampung.

"Kami juga akan lebih banyak menggarap segmen ritel untuk pengembangan bisnis ke depan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×