kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sasar milenial, asuransi syariah butuh waktu dan modal besar untuk tumbuh kencang


Rabu, 18 Juli 2018 / 18:23 WIB
Sasar milenial, asuransi syariah butuh waktu dan modal besar untuk tumbuh kencang
ILUSTRASI. Literasi Keuangan Syariah AXA Financial


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa pelaku asuransi syariah di Indonesia sedang gencar manyasar kalangan milenial dalam mengembangkan bisnis. Segmentasi ini menyimpan potensi besar, namun perlu waktu untuk bertumbuh secara signifikan.

Wakil Ketua Bidang Humas & Literasi Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) Bunbun Machbub mengakui, dengan penetrasi asuransi syariah yang masih minim di bawah 5%, membidik kalangan milenial untuk terlibat bisa menjadi salah satu katalis positif. Namun, hal itu tentu harus dibangun dengan kerja keras dan harus disertai pengembangan digital sebagai pendekatan dengan milenial.

Apalagi, ia menyebut saat ini baru perusahaan asuransi yang bermodal besar yang agresif mengembangkan bisnis untuk membidik generasi zaman now. Plus, jaringan yang luas juga turut mendukung pelaku asuransi beraset besar untuk menyasar kalangan ini.

"Potensi membidik milenial akan meningkatkan kontribusi, tapi tidak signifikan karena belum tentu bisa merata karena butuh persiapan bertahap," kata Bunbun, Rabu (18/7).

Apalagi, salah satu tantangan pengembangan digital saat ini yakni biaya investasi yang disiapkan cukup besar. Bunbun juga memperkirakan dua tahun ke depan, asuransi masih bertahap mengembangkan kanal digital. Sedangkan di tahun 2020 diprediksi akan ramai pelaku menggunakan jalur distribusi ini.

Sekadar informasi, sampai Mei 2018, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat kontribusi industri asuransi syariah menunjukkan tren positif, yakni meningkat 36,8% menjadi Rp 6,95 triliun. Hingga akhir tahun ini, Bunbun memproyeksikan tren tersebut akan berlanjut dengan pertumbuhan di kisaran dua digit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×