kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sektor perbankan Indonesia dikuasai asing? Ini kata OJK


Kamis, 09 Juli 2020 / 18:33 WIB
Sektor perbankan Indonesia dikuasai asing? Ini kata OJK
ILUSTRASI. Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Isu bank domestik dijajah bank asing, belakangan sering menjadi pembicaraan publik di media sosial. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Isu bank domestik dijajah bank asing, belakangan sering menjadi pembicaraan publik di media sosial. Apalagi, pasca Kookmin Bank mendapatkan izin dan restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Bukopin Tbk (BBKP). 

Menjawab hal ini, Direktur Eksekutif Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Anung Herlianto mengatakan dalam hal pengawasan perbankan, tugas OJK tentunya adalah menjaga agar kinerja sektor perbankan tetap positif. Secara, sektor perbankan memang menjadi mesin penting dalam menggerakkan roda perekonomian. 

Baca Juga: Tarik likuiditas, Bank Bukopin (BBKP) tawarkan deposito berbunga sampai 9%

Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 ini situasi ekonomi domestik dan global semakin tidak menentu. Beragam risiko mulai dari likuiditas dan permodalan pun kian meningkat.

Lagipula, kalau dilihat berdasarkan struktur industri perbankan di Tanah Air, menurut Anung istilah asing sudah tidak relevan. Lantaran proses penguatan modal perbankan oleh pihak asing sudah terjadi sejak lama, dan merupakan mekanisme bisnis yang peraturannya sangat ketat. 

Melihat data, saat ini total bank di Indonesia mencapai 110 bank. Rinciannya, bank domestik sebanyak 70 bank yang terdiri dari 4 bank pemerintah, 27 bank pembangunan daerah (BPD) dan 39 bank swasta.

"Sementara untuk bank asing, definisi bank asing adalah kantor cabang bank asing yang ada di Indonesia dan bank yang sahamnya mayoritas dimiliki asing, saat ini ada 40 bank," ujarnya dalam webinar di Jakarta, Kamis (9/7).

Baca Juga: Ada dukungan pemerintah, BNI optimistis kredit modal kerja tumbuh 5%-6% di tahun ini

Melihat data ini, Anung memastikan kalau secara jelas industri perbankan di Indonesia dikuasai oleh bank domestik atau 73% dari pangsa pasar aset. Penguasaan pasar itu terdiri dari bank pemerintah 43,19%, BPD 8,35% dan bank swasta nasional 21,49%. 

Sedangkan untuk bank asing pangsa pasar asetnya menurut data OJK hanya 27% saat ini. Terdiri dari kantor cabang bank asing 4,19% dan bank yang dikuasai asing 22,77%.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×