kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SMF targetkan penyaluran pembiayaan menembus Rp 10 triliun di tahun 2019


Minggu, 03 Februari 2019 / 17:38 WIB
SMF targetkan penyaluran pembiayaan menembus Rp 10 triliun di tahun 2019


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Multigriya Finansial atau lebih dikenal dengan SMF menargetkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp 10 triliun pada tahun 2019 ini. Angka tersebut naik 2% dari realisasi tahun 2018 lalu yang sebesar Rp 9,8 triliun.

Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo mengatakan, pihaknya telah menyusun beberapa strategi untuk mencapai target penyaluran pembiayaan pda tahun ini.

Pertama, SMF akan melakukan pendampingan ke lembaga penyalur KPR yang berupa konsultasi dan pelatihan. Dengan begitu, ia berharap penyalur-penyalur ini dapat meningkatkan jumlah penyaluran KPR.

Kedua, SMF berencana untuk meningkatkan penyaluran KPR di Indonesia bagian tengah dan Indonesia bagian timur. Alasannya, saat ini, distribusi penyaluran KPR masih dominan di wilayah Indonesia bagian barat. Per 2018, penyaluran KPR ke Indonesia barat adalah sebesar 78%, disusul Indonesia tengah sebesar 20%, dan Indonesia bagian timur sebesar 2%.

“Ya kami akan meningkatkan penyaluran ke bank pembangunan daerah (BPD) di bagian Indonesia tengah dan timur. Kalau mereka belum menyalurkan ya kami dorong menyalurkan. Kalau sudah ya diperbesar,” Kata heliantorpo saat dihubungi Kontan.co.id, Sabtu (2/2).

Meskipun begitu, ia menyadari bahwa besaran penyaluran KPR sejalan dengan besaran jumlah penduduk dan kebutuhan perumahan.

Ketiga, SMF akan meningkatkan sosialisasi ke masyarakat, terutama generasi millennial untuk meningkatkan kesadaran memiliki rumah. Hal ini bakal dilakukan dengan pendampingan ke penyalur KPR dan menggelar kegiatan-kegiatan.

Hingga 2018, total dana yang dialirkan ke pasar pembiayaan primer perumahan sebesar Rp 47,5 triliun. Dengan rincian, akumulasi penyaluran pinjaman SMF sejak 2005 sebesar Rp 37,3 triliun dan nominal transaksi sekuritisasi KPR yang difasilitasi perseroan Rp 10,5 triliun.

SMF merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tahun 2005, yang mengemban tugas sebagai special mission vehicle (SMV) untuk membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan.

SMF juga berperan menyediakan dana jangka menengah dan panjang bagi pembiayaan perumahan melalui kegiatan sekuritisasi dan pembiayaan kepada bank serta penyaluran KPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×