kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tahun depan BNI targetkan bisnis cash management tumbuh di atas 20%


Senin, 12 November 2018 / 18:14 WIB
Tahun depan BNI targetkan bisnis cash management tumbuh di atas 20%
Kerjasama corporate card BNI dengan Semen Indonesia


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memperluas layanan nasabah perusahaan. Hingga akhir tahun, BNI menargetkan jumlah transaksi cash management hingga 94,9 juta kali. Sedangkan target nilai transaksi hingga penghujung tahun Rp 2.607 triliun.

"Tahun depan kami targetkan pertumbuhan cash management lebih tinggi 20% dari capaian tahun 2018," ujar General Manager Divisi Jasa Transaksional Perbankan BNI Teddy Wishadi di Jakarta, Senin (12/11).

Hingga kuartal III-2018, BNI mencatatkan pertumbuhan transaksi cash management segmen korporasi 45,53% year on year (yoy) menjadi 83,1 juta transaksi. Posisi yang sama tahun lalu hanya 57,1 juta transaksi.

Nilai transaksinya tumbuh 35,23% yoy menjadi Rp 1.965 triliun. Angka ini lebih tinggi dibanding dengan periode yang sama tahun 2017 senilai Rp 1.453 triliun.

Guna mengoptimalkan kinerja ini, bank dengan sandi saham BBNI ini akan perluas kerjasama dengan korporasi lainnya. Yang terbaru, BNI menggandeng PT Semen Indonesia (Persero) serta anak usaha yang tergabung dalam Semen Indonesia Group.

BNI nantinya akan menjadi one stop financial services yang tidak sekadar menawarkan produk dan layanan, melainkan solusi keuangan untuk seluruh karyawan Semen Indonesia.

Direktur Hubungan Kelembagaan BBNI Adi Sulistyowati menambahkan layanan cash management milik BNI tentunya akan mempermudah Semen Indonesia serta anak usahanya untuk memantau keluar masuknya dana di dalam perusahaannya.

Di dalam cash management terdapat beberapa komponen seperti BNIDirect, Cash Pooling, dan virtual account (VA) debit.

BNI Direct berfungsi memberikan kemudahan bagi Semen Indonesia Group dalam melakukan transaksi perbankan secara realtime online. Sehingga pengelolaan dana yang ada pada rekening Semen Indonesia Group dapat dimonitor dan dioptimalkan melalui fitur Cash Pooling.

Sementara, VA Debit memudahkan Semen Indonesia Group untuk mengidentifikasi pengeluaran dan pengelolaan Patty Cash.

“Secara garis besar, cash management memudahkan pengelolaan dana sehingga tidak memerlukan lagi proses secara manual. Selain cash management, BNI juga memfasilitasi Semen Indonesia Group dengan BNI Corporate Card," ujar Susi.

Susi menambahkan, BNI Corporate Card bermanfaat untuk pembayaran segala transaksi yang terjadi pada operasional pegawai Semen Indonesia. Penyediaan BNI Corporate Card sejalan dengan Gerakan Nasional Non Tunai yang telah disosialisasikan oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan.

Sisi lain, sampai kuartal III-2018, perusahaan pengguna BNI Corporate Card telah mencapai 1.100 perusahaan dengan nilai transaksi sebesar Rp 1,9 triliun. Padahal target transaksi hanya Rp 1 triliun hingga akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×