kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tekan biaya operasional, Bukopin meluncurkan layanan asisten virtual bertajuk Viola


Kamis, 12 Desember 2019 / 16:00 WIB
Tekan biaya operasional, Bukopin meluncurkan layanan asisten virtual bertajuk Viola
Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo (kedua kanan) bersama Direktur Operasi dan Teknologi Informasi Adhi Brahmantya (kanan) dan Direktur Konsumer Rivan A. Purwantono mencoba layanan digital VIOLA saat peluncuran di Jakarta, Kamis (12/12).


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Bukopin Tbk memperkenalkan layanan Virtual Interactive Online Assistant yang diberi nama Viola. Direktur Operasional dan Teknologi Informasi (TI) Bank Bukopin Adhi Brahmantya menjelaskan, layanan tersebut merupakan bentuk inovasi digital banking Bank Bukopin yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah dalam mendapatkan informasi seputar layanan perbankan dengan lebih mudah dan cepat. Uji coba pilot project Viola tersebut juga dilakukan oleh Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo.

Adhi mengatakan, beberapa informasi yang bisa diperoleh oleh nasabah melalui fitur asisten virtual tersebut antara lain informasi saldo, rekening koran dan informasi seputar kartu kredit Bank Bukopin. Selain itu, sebagai bentuk representasi virtual dari customer service, Viola juga dapat menyajikan informasi seputar produk perbankan yang dimiliki Bank Bukopin, seperti jenis tabungan, giro, deposito, dan lainnya. Teknologi yang digunakan pada layanan digital Viola merupakan pengembangan dari artificial intelligence berbentuk chat bot yang dapat mendeteksi pertanyaan dan secara langsung dapat merespon pertanyaan atau permintaan yang diajukan oleh nasabah.

Baca Juga: Begini respons Bank Bukopin (BBKP) pasca direktur keuangannya jadi CEO Bukalapak

Melalui layanan digital Viola, bank berkode saham BBKP ini berharap dapat mempermudah masyarakat dalam bertransaksi perbankan dan aman. “Jika melakukan transaksi menggunakan Viola, nantinya masyarakat akan mendapatkan kode transaksi dan dapat langsung bertransaksi dengan teller tanpa harus mengisi form/slip transaksi. Dengan demikian dapat mempercepat proses transaksi,” ujar Adhi saat ditemui di kantor pusat Bukopin, Jakarta, Kamis (12/12).

Pihaknya menambahkan untuk dapat menggunakan layanan Viola, nasabah dapat mengunjungi website Bank Bukopin di https://www.bukopin.co.id dengan memilih atau mengklik menu Viola.

Selanjutnya nasabah dapat mengetik atau memberikan perintah suara, kemudian secara otomatis Viola akan melayani nasabah sesuai fitur yang tersedia dan menyambungkan ke customer service untuk layanan perbankan lainnya. “Peluncuran layanan digital Viola tersebut menjadi salah satu strategi Bank Bukopin untuk memperkuat bisnis perbankan digital,” ujarnya.

Baca Juga: Rachmat Kaimuddin akan perkuat strategi bisnis Bank Bukopin di era industri 4.0

Direktur Utama Bukopin Eko Rachmansyah Gindo mengatakan adanya layanan virtual ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi Bukopin, terutama dari biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan customer service. Menurut catatan Eko, sampai saat ini rata-rata biaya yang dikeluarkan oleh Bukopin untuk customer service yakni bisa mencapai Rp 600 juta per bulan.

Nah, dengan adanya asisten virtual tersebut diharapkan biaya tersebut dapat turun sekitar Rp 30 juta hingga Rp 50 juta per bulan. "Saya akan buat surat keputusan, agar karyawan Bukopin tidak lagi memakai kertas untuk transaksi di teller, semua harus lewat Viola," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×