kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangkok, destinasi wisata terfavorit Mastercard


Jumat, 29 Januari 2016 / 06:00 WIB
Bangkok, destinasi wisata terfavorit Mastercard


Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

BANGKOK. Thailand menjadi tujuan wisata terpopuler sepanjang 2015. Ada tiga kota Thailand yang masuk dalam daftar sepuluh tujuan favorit versi MasterCard Asia Pasifik. Yakni, Bangkok, Phuket dan Pattaya.

Menurut survei Badan Pariwisata Nasional Thailand seperti dikutip CNBC, Bangkok menjadi kota paling laris dikunjungi wisatawan dunia. Data tersebut nampak dari jumlah kunjungan wisatawan yang bermalam di hotel dan jumlah uang yang dibelanjakan paling banyak.

Survei ini berdasarkan 167 tujuan wisata dari 22 negara di Asia Pasifik dan mewakili 90,1% dari semua kedatangan internasional. Nah, ibukota Thailand membukukan 21,9 juta pengunjung pada 2015, meningkat 28,6% dari 2014.

"Indeks tujuan Asia Pasifik 2015 menyebutkan, Thailand kembali menjadi tujuan wisata favorit se-Asia Pasifik dipimpin Bangkok sebagai destinasi utamanya," ujar Matther Driver, Eksekutif Global Produk dan Solusi MasterCard Asia Pasifik, Kamis (28/1).

Industri pariwisata Thailand bangkit kembali pasca pemboman di pusat keramaian, Bangkok, Agustus 2015. Dalam peristiwa itu, 20 orang tewas dan 120 orang luka-luka.

Indeks tujuan Asia Pasifik 2015 menyebutkan, wisatawan menghabiskan 107 juta malam di Bangkok dan membelanjakan US$ 15,2 miliar. Wisata belanja dan kuliner menjadi daya tarik utama kota ini.

Survei MasterCard menyebut, jumlah pengunjung di Phuket dan Pattaya masing-masing tumbuh 15,5% dan 10% hingga akhir tahun lalu. Belanja Setelah Bangkok, Singapura berada di urutan kedua dari 10 tujuan kota populer dengan jumlah pengunjung 11,8 juta wisatawan.

Sementara dari sisi uang yang dibelanjakan, ibukota Korea Selatan Seoul menjadi kota kedua tujuan belanja yakni US$ 14,4 miliar, disusul Singapura US$ 14,1 miliar.

Prestasi pariwisata ini mengalahkan Shanghai dan Beijing yang pernah mencatat menjadi tujuan belanja dengan rata-rata uang yang dikeluarkan US$ 269 dan US$ 262 per hari. Industri pariwisata Asia Pasifik tumbuh pesat mengalahkan Eropa yang pernah menjadi tujuan wisata terpopuler di 2014.

Dalam indeks tujuan Asia Pasifik MasterCard, kota di Indonesia yang dipilih wisatawan asing adalah Bali. Posisi Bali ada di urutan ke sembilan dalam indeks tujuan Asia Pasifik.

Namun, ChannelNewsAsia melaporkan, wisatawan dari Indonesia paling banyak berkunjung ke Singapura, China dan India.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×