kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,72   -5,64   -0.61%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut ini daftar sembilan panelis debat cawapres Minggu (17/3)


Selasa, 12 Maret 2019 / 15:15 WIB
Berikut ini daftar sembilan panelis debat cawapres Minggu (17/3)


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan sembilan panelis debat ketiga pilpres yang akan diikuti dua calon wakil presiden, yakni Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Sembilan nama tersebut berasal dari kalangan akademisi, LSM, hingga budayawan. 

Seluruhnya punya latar belakang yang berkaitan dengan tema debat, yaitu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Ke-sembilan panelis dipilih oleh KPU. 

Sebelum ditetapkan, rekam jejak calon panelis ditelusuri oleh kedua tim kampanye paslon, untuk memastikan yang bersangkutan independen dan ahli dalam bidangnya. "Ada sembilan nama panelis," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/3). 

Sebelum menyusun pertanyaan debat, panelis akan lebih dulu mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang digelar KPU. Setelah FGD selesai, panelis akan merumuskan pertanyaan debat. "Untuk FGD, KPU mengundang 9 panelis dan teman-teman NGO, tokoh masyarakat yang bergerak di lima tema itu. Moderator juga kita undang," ujar Arief. 
"Setelah FGD selesai mereka langsung merumuskan pertanyaan, dilanjutkan penandatanganan pakta integritas," sambungnya. Debat ketiga pilpres akan diselenggarakan Minggu (17/3), di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. 

Berikut sembilan nama panelis debat ketiga pilpres: 
1. Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022. Guru Besar Sosiologi Unhas 
2. Prof. Dr. Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Periode 2007- 2011. Profesor Sastra Untan (bidang sastra Nusantara, pegiat budaya) 
3. Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, Rektor Unsyiah Periode 2018-2022 
4. Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. KH. Yudian Wahyudi 
5. Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Prof. Subhilhar, MA, Ph.D 
6. Sastrawan dan budayawan, Radhar Panca Dahana 
7. Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah 
8. Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021) yang juga dosen Universitas Airlangga, Prof Dr David S Perdanakusuma dr Sp BP-RE(K) 
9. Rektor Universitas Diponegoro periode 2019-2024, Prof H Yos Johan Utama SH M.Hum

(Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Daftar 9 Panelis Debat Cawapres, dari Akademisi hingga Budayawan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×