kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BNI bawa UMKM Indonesia ke pasar Eropa


Kamis, 29 Juli 2021 / 20:41 WIB
BNI bawa UMKM Indonesia ke pasar Eropa
ILUSTRASI. Pameran Kerajianan BNI Inacraft


Reporter: Amanda Christabel | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk London menggelar BNI UK SME’s Business Summit 2021 menggandeng Diaspora Indonesia di Inggris, KBRI London dan pelaku usaha di negara tersebut untuk menggali potensi peningkatan bisnis di Inggris Raya.

Seperti diketahui, UMKM merupakan segmen usaha terdepan yang menciptakan lapangan kerja dimana sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja di Indonesia bekerja pada sektor UMKM.

Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto Nasional tercatat sekitar Rp8.500 triliun atau sekitar 61 persen dari total PDB sekaligus menjadikan UMKM RI sebagai tulang punggung ekonomi nasional.

Baca Juga: Begini perkembangan penggunaan capex IT BTN dan BNI pada tahun ini

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Kantor Cabang BNI London harus mampu menjembatani para pelaku usaha dan UMKM Diaspora di kawasan Inggris Raya dan Eropa agar bermitra dengan UMKM Indonesia melalui solusi bisnis yang menyeluruh dengan fasilitas dan transaksi yang adaptif dengan tuntutan bisnis.

“Keberadaan BNI London diharapkan dapat membantu pelaku usaha Indonesia, khususnya UMKM yang ingin mengembangkan usaha merambah ke Inggris Raya dan Eropa. Semoga BNI semakin menunjukkan eksistensinya sebagai Bank Internasional serta menjadi jembatan bagi UMKM RI dan Global demi masa depan UMKM Indonesia Go Global,” tuturnya keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (29/7).

Adapun strategi BNI diwujudkan dengan mengundang 100 UMKM binaan perusahaan untuk kemudian diperkenalkan dengan komunitas UMKM Diaspora yang ada di Inggris yaitu Indonesian Small-Medium Enterprises (SMEs) Community in the United Kingdom (ISME).

Hal ini sejalan dengan salah satu misi BNI yang berkomitmen untuk memperkuat layanan internasionalnya untuk mendukung kebutuhan Mitra Bisnis Global Perseroan.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menegaskan, BNI berkomitmen untuk selalu mendukung pengembangan UMKM Indonesia melalui layanan perbankan yang terintegrasi baik itu berupa dukungan pembiayaan maupun layanan keuangan lainnya, salah satunya melalui program pemberdayaan UMKM untuk Go Global yaitu BNI UK SME's Business Summit 2021.

Baca Juga: Diwarnai sejumlah aksi korporasi, begini rekomendasi saham BBNI




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×