kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genderuwo akhir tahun


Jumat, 16 November 2018 / 15:53 WIB
Genderuwo akhir tahun
ILUSTRASI.


Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Tri Adi

Seorang pekerja kecil sebuah kantor di Jakarta bercerita sembari tertawa geli. Dia menceritakan peristiwa yang terjadi ketika baru saja pulang ke kampung halaman di ...eh, kebetulan saja ini, ya,... Boyolali.

Kawan kita, panggil saja begitu, seorang pekerja yang rajin dan tekun. Bersama istrinya yang juga pekerja bergaji relatif kecil, dia telaten menabung. Sadar bahwa menabung di rekening tabungan nyaris tidak memberikan bunga yang berarti, kawan kita rutin menyetor uangnya untuk mengisi rekening deposito. Uniknya, meski sehari-hari hidup di Jakarta, dia hanya mau membuka rekening baru pada sebuah kantor unit sebuah bank pelat merah di ibu kota kecamatan.

Nah, kejadian lucu dia temui saat hendak membuka rekening deposito baru beberapa waktu lalu. "Mosok setoran deposito saya ditolak? Bank saya biasa menjadi nasabah sedang tak menerima pembukaan rekening deposito. Baru kali ini saya ketemu bank yang menolak setoran uang!" ujarnya, terbahak-bahak.

Bukan rahasia lagi bahwa sebagian orang atau perusahaan seolah mendapat tekanan berlebih saban menjelang tutup tahun. Ketika jarak dengan letusan kembang api cuma sekitar satu setengah bulan lagi, target-target yang belum tercapai bak gendruwo yang menghantui setiap kali bertemu bos, atas, juragan, atau pemilik bisnis.

Oleh sebab itu, lagi-lagi sudah menjadi rahasia umum pula, momentum menjelang akhir tahun seperti sekarang merupakan saat tepat untuk berbelanja. Banyak pelaku bisnis menawarkan berbagai paket menarik untuk menggenjot upaya pencapaian target tahunan yang masih bolong. Jika Anda hendak membeli mobil, misalnya, kita bisa minta diskon yang "cukup sadis".

Seseorang yang gemar berganti mobil bahkan memberi saran agar pembelian itu memanfaatkan kredit bank atau pembiayaan dari multifinance. Pembeli bisa minta diskon habis-habisan dari diler mobil dan bank sekaligus.

Iya, target penyaluran kredit tahunan yang belum tercapai juga selalu menjadi hantu yang menakutkan di kalangan pekerja bisnis keuangan, termasuk bank. Tak jarang, demi mendekati atau mencapai target penyaluran kredit, prosedur persetujuan kredit di akhir tahun bisa lebih ringkas dan longgar.

Nah, ketika kini uang kawan kita ditolak oleh bank, akankah para bankir bersemangat menaikkan tawaran bunga simpanan untuk menyesuaikan kenaikan terbaru BI-7DRR oleh Bank Indonesia? •

Hasbi Maulana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×