kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GoJek akuisisi tiga fintech untuk memperkuat GoPay


Jumat, 15 Desember 2017 / 09:32 WIB
GoJek akuisisi tiga fintech untuk memperkuat GoPay


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkuat GoPay, GO-Jek telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi tiga perusahaan teknologi finansial alias financial technology (fintech). Fintek tersebut adalah Kartuku, perusahaan layanan pembayaran offline, Midtrans, perusahaan payment gateway online; dan Mapan yang merupakan jaringan arisan barang di Indonesia.

Bergabungnya ketiga kekuatan fintech tersebut dengan GO-JEK akan mendukung ekspansi GO-PAY. Bisnis perusahaan-perusahaan tersebut saat ini memproses total transaksi lebih dari Rp 67,5 triliun per tahun, baik melalui kartu kredit, debit maupun dompet digital untuk para pengguna, penyedia jasa dan merchant-merchant mereka.

“Kini, saatnya GO-JEK melangkah maju memasuki babak baru. Melalui akuisisi ini, GO-JEK akan berkolaborasi dengan tiga perusahaan fintech nasional terdepan di Indonesia yang memiliki visi dan etos kerja yang sama dengan kami. Inisiatif ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat pondasi dan langkah kami di industri fintech Indonesia,” ungkap Nadiem Makarim, Founder dan CEO GoJek kepada Kontan.co.id pada Jumat (15/12).

GoJek saat ini punya lebih dari 15 juta pengguna aktif mingguan. GoJek beri layanan ride-hailing, antar-makanan, jasa antar barang instan, dan penyedia dompet digital 900 ribu mitra pengemudi, lebih dari 125 ribu merchant yang mayoritas adalah UMKM, serta memiliki lebih dari 100 juta transaksi yang diproses melalui platform ini setiap bulannya.

“Tahun 2018 akan menjadi tahun dimana GO-PAY akan berkembang di luar ekosistem GO-JEK, menyediakan layanan pembayaran yang aman, nyaman, mudah, dan terpercaya baik secara offline maupun online," kata Andre Soelistyo, Go-Jek Group President.

Andre menyatakan melalui akuisisi ini akan mengakselerasi penetrasi dan jangkauan GoPay ke ranah pembayaran offline melalui Kartuku, ranah pembayaran online melalui Midtrans, serta meningkatkan inklusi finansial bagi masyarakat unbanked melalui Mapan.

“Setelah akuisisi ini, tim manajemen dan seluruh karyawan dari masing-masing perusahaan akan beroperasi sebagaimana sebelumnya, namun dapat mengambil manfaat sinergi sebagai bagian dari GO-JEK Group,” tambah Andre.

Ketiga pimpinan dari masing-masing perusahaan yang diakuisisi akan memegang posisi senior manajemen di dalam GO-JEK Group. Aldi Haryopratomo dari Mapan akan memimpin GoPay, Ryu Kawano Suliawan dari Midtrans akan memimpin pengembangan platform merchant dalam GoJek Group, sementara Thomas Husted dari Kartuku akan memegang peranan sebagai CFO di GoJek Group.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×