kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,91   -7,46   -0.75%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini pengembangan infrastruktur yang tengah digarap Pelindo III


Kamis, 09 Agustus 2018 / 20:23 WIB
Ini pengembangan infrastruktur yang tengah digarap Pelindo III
ILUSTRASI. Pelindo III Terapkan BIM dalam Proyek Investasi


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain tengah menggalakkan teknologi informasi serta inovasi logistik guna meningkatkan produktivitas kinerja, Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III juga sedang membangun beberapa infrastruktur di beberapa pelabuhan.

Engineering and ICT Director Pelindo III, Husein Latief mengatakan, sejumlah investasi flagship project BUMN operator pelabuhan terus berjalan sesuai rencana. Salah satunya, perluasan lapangan penumpukan peti kemas atau container yard terminal ramah lingkungan pertama di Indonesia, Terminal Teluk Lamong, di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, senilai Rp 399 miliar.

Kemudian untuk proyek pembangunan pelabuhan yang terintegrasi kawasan industri, Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) sudah rampung untuk pembangunan lapangan penumpukan dan gudang untuk Terminal Manyar. “Ada pula pembangunan flyover pendukung konektivitasnya senilai hingga Rp 1,3 triliun,” kata Husein di Jakarta, Kamis (9/8).

Selanjutnya, kata Husein, untuk mendukung sektor pariwisata, termasuk penyelenggaraan event internasional IMF-World Bank Annual Meeting 2018, Pelindo III bersama dukungan dari kementerian dan pemerintah setempat tengah renovasi Pelabuhan Benoa Bali.

Ia menyampaikan, revitalisasi alur dan kolam pelabuhan gerbang laut Pulau Dewata tersebut memerlukan biaya Rp 492 miliar dan untuk renovasi terminal penumpang mencapai Rp 77 miliar.

Dalam mengembangkan destinasi wisata lain yang terintegrasi dengan Bali, Pelindo III juga menginisiasi pembangunan Boom Marina Banyuwangi di Jawa Timur dan Terminal Gilimas untuk pelayanan cruise berukuran besar di Pelabuhan Lembar, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Realisasi kontrak investasi atau contracted capex Pelindo III hingga Juli 2018 sudah mencapai Rp 5,1 triliun dari Rp 6,2 triliun yang direncanakan tahun ini. Dengan penyerapan untuk pekerjaan flyover Terminal Teluk Lamong yang merupakan proyek strategis dan lapangan penumpukan untuk terminal tersebut, renovasi dermaga Pelabuhan Tanjung Emas, pembangunan Terminal Gilimas, serta pengembangan Pelabuhan Waingapu, Bumiharjo, dan Bagendang," kata Husein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×