kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendirikan modal ventura untuk menciptakan wirausaha baru (4)


Minggu, 07 Juli 2019 / 09:45 WIB
Mendirikan modal ventura untuk menciptakan wirausaha baru (4)


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tri Adi

Eren Ozmen mempunyai keinginan untuk bisa membangun jiwa wirausaha di daerah Nevada. Ia mendirikan Ozmen Ventures untuk membantu pendanaan ke startup lokal yang bisnisnya menjanjikan. Imigran asal Turki ini berinvestasi sebesar US$ 5 juta ke Ozmen Ventures. Dana ini dibagi-bagikan ke pengusaha yang dinilai mempunyai prospek bagus. Ia juga memberikan dana US$ 5 juta ke Universitas Nevada yang dibagi-bagikan untuk mendukung program wirausaha.

Masuk daftar wanita terkaya di Amerika Serikat (AS) tidak membuat Eren Ozmen ingin membagikan ilmunya ke orang lain. Wanita berusia 60 tahun ini punya mimpi meningkatkan jiwa kewirausahaan, terutama kepada orang-orang di Reno, Nevada. Ini merupakan wilayah di mana dia tinggal dan sekaligus tempat kerajaan bisnisnya, Sierra Nevada Corporation bermarkas.

Ia mempunyai visi menjadikan kota Reno sebagai pusat wirausaha yang berkembang dengan menarik bakat dari dari luar dan mendukung wirausaha lokal terbaik untuk menjadi pemimpin pasar. Untuk mewujudkan mimpi itu, Eren bersama suaminya, Fatih mendirikan Ozmen Ventures pada tahun 2017.

Imigran asal Turki ini mengalokasikan dana sebesar US$ 5 juta untuk berinvestasi ke startup lokal yang menjanjikan sebelum mereka memiliki cukup aset atau pinjaman dari bank. Ozmen juga sebagai proyek sampingan Eren dari kesuksesan Sierra Nevada Corporation , sebuah perusahaan teknologi pertahanan, militer dan pesawat ruang angkasa.

Ketika Ozmen Ventures berinvestasi dalam sebuah startup, mereka melakukan pendekatan dan pendampingan secara langsung untuk meningkatkan peluang kesuksesan bagi semua orang. Mereka menjadi konsultan yang dapat membuka koneksi bagi orang-orang penting di industri untuk terlibat.

Misalnya, saja Ozmen berafiliasi dengan Universitas Nevada, Reno serta menyediakan pelatihan bagi wirausahawan muda. Koneksi ini diperlukan perusahaan dalam mendorong inovasi dan kewirausahaan sekaligus memperluas jaringan perusahaan, baik secara nasional maupun internasional.




TERBARU

[X]
×