kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nilai ekspor kopi Sumut US$ 40,19 juta per Februari, LPEI dorong UMKM untuk ekspor


Selasa, 15 Juni 2021 / 15:02 WIB
Nilai ekspor kopi Sumut US$ 40,19 juta per Februari, LPEI dorong UMKM untuk ekspor


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga Pembiayaan Ekspor (LPEI) menangkap peluang ekspor dari pelaku UMKM di Medan. Berdasarkan data Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Sumatra Utara (Sumut) mencatat nilai ekspor kopi mencapai  US$ 40,19 juta hingga Februari 2021.

Volume ekspor kopi Arabica Sumut melalui Belawan per Februari 2021 adalah 8.820 ton dengan nilai ekspor US$ 36,02 juta. Jenis kopi ini memberi andil 92% terhadap ekspor kopi Sumut. 

Sementara, ekspor kopi robusta sebesar 466,80 ton dengan nilai ekspor US$518.151. Ekspor jenis kopi lain-lain sebesar 233,23 ton dengan nilai ekspor US$3,66 juta.

Melihat potensi besar itu, LPEI kembali menyelenggarakan Coaching Program for New Exporters (CPNE), di kota Medan, Sumatera Utara tanggal 10-11 Juni 2021 lalu. Medan menjadi kota ketiga dari rangkaian Program Jasa Konsultasi LPEI di tahun 2021 yang sebelumnya telah diselenggarakan di kota Surakarta dan Bali pada beberapa waktu lalu.

Direktur Eksekutif LPEI D.James Rompas bilang Program CPNE ini merupakan salah satu bentuk pelayanan Jasa Konsultasi LPEI termasuk pelatihan ekspor bagi para UMKM rintisan ekspor untuk membantu pengusaha UMKM Indonesia menuju pasar global.

Baca Juga: LPEI dorong UMKM asal Medan genjot ekspor lewat pelatihan CPNE

Selain itu, LPEI membantu membukakan akses pasar melalui global marketplace dan pameran baik yang dilakukan secara offline maupun virtual. Juga melakukan pengembangan community development melalui program Desa Devisa.

Dari kegiatan tersebut, LPEI telah memiliki lebih dari 2.200 UKM mitra binaan hingga saat ini. Diantaranya terdapat 353 produk UKM telah berhasil diposting di global marketplace, dan menghasilkan 60 eksportir baru, serta mengembangkan 2 Desa Devisa.

“Pencapaian yang kami sampaikan merupakan wujud pelaksanaan mandat LPEI yaitu meningkatkan ekspor nasional,  membantu pemulihan ekonomi nasional,  serta meningkatkan kapasitas UKM di daerah agar dapat melakukan kegiatan ekspor dan memasarkan produknya ke pasar global. Selain itu pengembangan kapasitas UKM yang dilakukan melalui kegiatan Jasa Konsultasi LPEI yaitu Program CPNE melalui pelatihan dan pendampingan bagi UKM berorientasi ekspor,” ujar D.James Rompas. 

Program CPNE merupakan program pelatihan dan pendampingan berdurasi satu tahun yang diberikan LPEI kepada para pelaku UMKM berorientasi ekspor yang telah melewati penjaringan dan seleksi. Modul pelatihan yang diberikan antara lain mengenai tata cara ekspor, penyusunan laporan keuangan, legalitas dan sertifikasi ekspor serta turut dalam kegiatan pameran ekspor. 

CPNE Medan mengikutsertakan 25 pelaku UMKM asal Sumatera Utara yang telah melewati penjaringan dan seleksi oleh LPEI dibantu oleh praktisi ekspor dan pemangku kepentingan. Sektor usahanya juga beragam seperti rempah, hasil perkebunan kopi, produk kelapa dan turunannya serta produk makanan minuman.

Pelatihan CPNE di Medan diharapkan menjadi awal yang baik untuk peningkatan kapasitas dan daya saing pelaku UKM di Wilayah Sumatera Utara, sehingga keinginan para pelaku UMKM untuk bisa ekspor dapat segera terwujud.

Sementara itu Wakil Gubernur Medan, Musa Rajekshah mengapresiasi segala bentuk inisiatif untuk meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat Medan.

“Pelatihan seperti CPNE sangat diperlukan, untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM yang ada di Medan agar dapat bersaing di Pasar Global. Mengingat bahwa kita telah memiliki potensi dari sumber daya alam maupun manusia, seharusnya upaya-upaya positif seperti ini kita dukung. Karena hasilnya nanti akan kembali ke para pelaku UMKM dan masyarakat Medan,” ucap Rajekshah.

Darwis Harahap, salah satu peserta CPNE pelaku UMKM bergerak di bidang perkebunan (kopi) dari Deli Serdang setelah mengikuti pelatihan ini menyampaikan optimisme bahwa usahanya akan semakin berkembang. 

Lantaran, ia merasa perlu menambah wawasan, memperkaya pengetahuan, dalam mengelola usaha sehingga memutuskan mengikuti program CPNE yang diselenggarakan oleh LPEI. 

Baca Juga: Eximbank beri pelatihan sertifikasi bagi petani di kawasan Agrowisata Ijen Banyuwangi

Darwis yang sudah menggeluti usaha kopi sejak tahun 2018 mengakui, ada potensi besar bagi bisnis kopi di dalam negeri. Karena itu, ia berharap selalu mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk LPEI, agar komoditas kopi yang menjadi salah satu unggulan daerah, dapat menembus pasar ekspor. 

Di sisi lain, ia juga berharap agar terus dilakukan edukasi ke masyarakat luas bahwa kualitas kopi di dalam negeri tak kalah dengan kualitas kopi negara lain. Sehingga konsumsi kopi di dalam negeri akan semakin meningkat yang ujungnya mengerek produksi kopi di daerah.  

"Saya ingin kopi dari Sumatra Utara tidak hanya dikonsumsi di Indonesia atau Medan saja, tetapi bisa dinikmati di luar negeri. Saya tahu bahwa ini tidak mudah tetapi saya yakin kita mampu," kata Darwis. 

Harapan Darwis, sejalan dengan program LPEI untuk terus mengedukasi kalangan dunia usaha, terutama UKM di daerah, agar mampu mengembangkan dunia usaha melalui program CPNE.

Selanjutnya: OJK sebut penyaluran kredit di Bali mulai tumbuh 0,54%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×