kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Program early payment Stanchart-Lotte ke pemasok


Rabu, 19 Juli 2017 / 11:16 WIB
Program early payment Stanchart-Lotte ke pemasok


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Standard Chartered Bank (SCB) Indonesia bekerja sama dengan PT Lotte Mart dan Lotte Shopping Indonesia mengenalkan program early payment. Program ini ditujukan kepada pemasok atawa supplier gerai Lotte yang merupakan solusi yang memberikan keuntungan finansial. Selain itu, program ini juga diharapkan bisa membuat lebih efisien dan aman bagi rantai pasokan Lotte.

Dengan program ini pemasok tidak perlu memberikan jaminan dan laporan keuangan untuk memperoleh bantuan keuangan. Selain itu juga ini memberikan kemudahan dalam memperoleh layanan keuangan bank lainnya seperti pinjaman tanpa ada jaminan. Hal ini akan mendorong pertumbuhan UMKM sebagai pemasok Lotte.

SCB Indonesia akan membayarkan terlebih dulu di awal biaya pasokan barang kepada pemasok. Nanti pada akhirnya, Lotte yang akan membayar ke SCB Indonesia terkait biaya awal yang sudah dibayarkan kepada pemasok. Dengan begitu aktivitas cash flow pemasok bisa lebih cepat.  

Seperti diketahui, pemenuhan keuangan jangka pendek merupakan faktor yang sangat krusial bagi pemasok untuk menjaga keberlanjutan usahanya. Namun pada umumnya, jangka waktu pembayaran Lotte kepada supplier memiliki durasi yang panjang sehingga supplier memiliki hambatan untuk pengembangan usahanya.

"Klien merupakan prioritas bank, kerja sama layanan early payment program ini merupakan contoh program banking the ecosystem yang diluncurkan oleh bank dalam memberikan layanan keuangan yang inovatif, bernilai tambah dan sesuai dengan kebutuhan klien," ujar Rino Donosepoetro, CEO SCB Indonesia dalam siaran pers, Rabu (19/7).

Joseph V Buntaran, Presiden Direktur PT Lotte Mart Indonesia dan PT Lotte Shopping Indonesia bilang, kerja sama ini membuat dirinya percaya kinerja penjualan ke depan akan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

"Kami percaya program ini dapat membantu meningkatkan likuiditas perusahaan, memperbaiki kinerja penjualan serta dapat membuat perusahaan pemasok mengalami pertumbuhan yang sehat," ujarnya.

Saat ini Lotte memiliki 45 gerai di Indonesia yang merupakan klien SCB Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, Lotte dan SCB juga berkolaborasi untuk membantu jaringan ritel Lotte di seluruh dunia dengan total 293 gerai. 

"Keberadaan Standard Chartered sebagai satu-satunya bank internasional dengan kantor di 10 negara Asean, juga turut membantu bisnis Lotte. Kerja sama early payment program ini juga sebelumnya telah diluncurkan di Vietnam pada Mei lalu," lanjutnya.‎

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×