kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PT Estika Tata Tiara fasilitasi permodalan peternak sapi


Kamis, 29 November 2018 / 22:03 WIB
PT Estika Tata Tiara fasilitasi permodalan peternak sapi
ILUSTRASI. Peternakan sapi PT Estetika Tata Tiara


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Estika Tata Tiara (KIBIF) menjalin kemitraan strategis dengan BNI Syariah untuk meningkatkan kesejahteraan  peternak melalui program pembiayaan  peternakan sapi potong di Jawa Barat.

KIBIF akan memfasilitasi  peternak untuk memperoleh  akses permodalan dari Bank BNI Syariah Cabang Bandung dalam mendukung sistem pemeliharaan dan manajemen peternakan sapi potong secara terintegrasi dan berkelanjutan.
 
Direktur PT Estika Tata TiaraMaulana Malik Joesoef mengatakan, kemitraan ini tertuang dalam akad kerjasama KIBIF, Peternak, dan Bank BNI Syariah tentang Kemitraan Sapi Potong yang ditandatangani di Subang, Jawa Barat, Kamis (29/11).
 
“Program ini melibatkan sembilan peternak. Kami melakukan pendampingan, penyuluhan, dan pengawasan secara berkelanjutan. Kemudian menerapkan sistem pelaporan yang transparan agar dapat  meningkatkan kemandirian peternak  dan populasi sapi potong,” ujarnya dalam keterangan tertulis.
 
Ia optimistis, program kemitraan  inidapat meningkatkan kemampuan  peternak, yang  semula  pola beternak  sapi  hanya berskala kecil menjadi  peternak  berskala  besar. " Kami juga membuka akses pasar," jelas Maulana.
 
Lebih lanjut dikatakan, KIBIF sebagai  pelopor usaha dengan bisnis model terintegrasi dari hulu ke hilir, selama ini  telah melakukan pendampingan, penyuluhan, dan pengawasan bagi peternak, yang disebut  Program Kemitraan, melalui penyediaan  bakalan sapi, pakan, obat-obatan, dan sewa kandang beserta peralatan beternak sapi.
Langkah strategis  ditempuh KIBIF agar peternak dapat  secara berkesinambungan  menjalankan usaha dan beternak di kandang miliknya. 
 
"Kami yakin pola kemitraan yang dikembangkan KIBIF   dapat diterapkan di daerah lain, khususnya dalam menciptakan peternak berskala industri.  Program ini banyak manfaatnya, karena kami  menyediakan  berbagai fasilitas, termasuk akses pembiayaan dari perbankan dan asuransi ternak," katanya. 
 
Ia meyakini, pola kemitraan yang dikembangkan KIBIF akan meningkatkan pendapatan dan produktivitas peternak  sesuai prinsip-prinsip kesejahteraan hewan (animal welfare).  "Saat ini, program kemitraan ini  dimulai di  wilayah Jawa Barat. Ke depannya, kami  akan memperluas cakupan  ke  daerah lainnya," pungkasnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×