kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak strategi investasi hadapi penyesuaian 100% free float indeks LQ45


Senin, 08 Juli 2019 / 22:06 WIB
Simak strategi investasi hadapi penyesuaian 100% free float indeks LQ45


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks LQ45 akan melakukan rebalancing hasil evaluasi mayor untuk menyesuaikan 100% saham free float. Sejumlah analis menilai penyesuaian ini cukup berpengaruh pada anggota konstituen LQ45 termasuk di dalamnya sektor konsumer.

Kepala Riset Infovesta Utama Wawan Hendrayana menjelaskan, emiten sektor konsumer khususnya dengan saham publik yang beredarnya kecil seperti HM Sampoerna (HMSP, anggota indeks Kompas100 ini) dan PT Unilever Tbk (UNVR, anggota indeks Kompas100 ini) bobotnya akan turun jauh.

“Secara umum saham mereka akan banyak dilepas oleh investor yang menggunakan strategi indexing sehingga dalam jangka pendek akan ada tekanan untuk saham-saham tersebut. Jadi investor seharusnya waspada,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Senin (8/7).

Namun menurut Wawan yang harus dijadikan catatan bagi investor adalah free float saham tidak berpengaruh pada fundamental HMSP maupun UNVR. Keputusan melepas saham karena terpaksa untuk menyesuaikan free float 100%.

Wawan bilang kedua emiten konsumer tersebut potensi terdepaknya kecil karena secara fundamental dan frekuensi transaksinya tinggi. Frekuensi saham HMSP 5.957 sedangkan UNVR frekuensinya 2.313.

Asal tahu saja saham HMSP turun sejak tiga bulan yang lalu akibat penyesuaian saham free float. Hari ini, Senin (8/7), saham HMSP ditutup terkoreksi hingga 90 poin ke Rp 3.180 dan saham UNVR tetap ditutup menguat 50 poin ke Rp 45.000.

Wawan bilang investor bisa memanfaatkan momentum turunnya saham HMSP dan UNVR dengan melakukan akumulasi beli.

Menurut Wawan syarat konstituen pengisi indeks LQ45 bukan hanya dilihat berapa banyak rasio free float-nya tapi seberapa sering transaksi frekuensinya dan kinerja fundamentalnya. Jadi terdepak atau tidaknya juga tergantung pada penilaian lain yakni frekuensi transaksinya.

Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma menyatakan, beberapa saham di sektor properti berpotensi masuk ke indeks ini saat rebalancing. “Perkiraan mungkin CTRA, anggota indeks Kompas100 ini, SMRA, anggota indeks Kompas100 ini, SSIA, anggota indeks Kompas100 ini karena transaksi dan perform sahamnya lebih baik dari IHSG,” ujarnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×