kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Transformasi Digital Banking Berhasil Dorong Kinerja BSI


Senin, 02 Agustus 2021 / 10:46 WIB
Transformasi Digital Banking Berhasil Dorong Kinerja BSI
ILUSTRASI. Kontan - BSI Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meskipun belum lama terlahir, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berhasil mencetak kinerja yang positif. 

Selama semester I-2021, laba bersih BSI mencapai Rp 1,48 triliun atau naik 34,29% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Kenaikan laba diikuti pertumbuhan jumlah pengguna mobile banking yang signifikan, yaitu menembus 2,5 juta pengguna.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan, kenaikan laba pada semester I tahun ini dipicu oleh pertumbuhan pembiayaan dan dana pihak ketiga (DPK) yang berkualitas, sehingga biaya dana dapat ditekan.

“Untuk meningkatkan kinerja, pada tahun ini BSI fokus untuk menjaga kualitas pembiayaan dan memanage coverage ratio dengan tetap mendorong pertumbuhan bisnis yang sehat dan akselerasi kapasitas digital dan operasional,” kata Hery.

Pada paruh pertama tahun ini, bank syariah ini pun tetap mampu menjaga kualitas pembiayaan yang positif. Terbukti dengan tren penurunan non performing financing (NPF) gross dari 3,23% pada semester I 2020 menjadi 3,11% pada periode yang sama tahun ini.

Untuk meningkatkan prinsip kehati-hatian, BSI juga telah mencadangkan cash coverage sebesar 144,07% sampai semester I 2021. Sedangkan dari sisi liabilitas, penghimpunan DPK BSI sampai semester I 2021 mencapai Rp216,36 triliun, naik 16,03% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020 yang sebesar Rp186,49 triliun.

Inisiatif digital pun terus dilakukan oleh emiten berkode saham BRIS ini dengan mengadopsi bionic banking. Konsep bionic banking adalah pengembangan layanan perbankan yang men-shifting beberapa layanan ke digital, di samping masih tersedianya layanan di cabang.

"Untuk transaksi yang tidak terlalu rumit bisa melalui layanan digital sedangkan transaksi yang lebih kompleks melalui cabang, misalnya perlu saran, diskusi, penjelasan ya tetap melalui cabang," ujar Hery.

BSI juga terus berinovasi mengembangkan SupperApps yang menyediakan seluruh layanan perbankan dalam satu genggaman, layanan transaksi, dana, pembiayaan maupun layanan islami. Langkah-langkah ini juga merupakan konsistensi BSI untuk menjadi energi baru bagi ekonomi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×